Kerugian Negara Puluhan Juta Rupiah Akibat Pelanggaran Visa 3 Seniman Asing Isi Acara di Lampung

Petugas Imigrasi deportasi WNA langgar izin visa di Indonesia.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Negara mengalami kerugian jutaan rupiah akibat pelanggaran izin tinggal oleh tiga seniman asing yang diundang untuk tampil dalam Tubaba Art Festival. Ketiga WNA ini seharusnya menggunakan visa kerja, namun mereka hanya memiliki visa wisata.

Kantor Imigrasi Kotabumi Gelar Bhakti Sosial di Bulan Pengayoman, Tingkatkan Tali Silaturahmi

Tiga seniman asing yang diundang untuk tampil dalam Tubaba Art Festival harus rela dipulangkan ke negaranya. Ketiganya nekat melanggar aturan keimigrasian dengan bekerja menggunakan visa wisata.

Mereka adalah Chen Sirun (37 tahun) dan Wu Jianjing (35 tahun) dari Cina, serta Kita Mariko (41 tahun) dari Jepang.  Ketiga WNA ini dengan mudah mendapatkan izin tampil di acara besar hanya dengan visa wisat

Tiga Artis Asing Ditangkap Imigrasi di Tubaba Art Festival karena Melanggar Izin Tinggal

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kelas II Non TPI Kotabumi, Kresna Aji Pranata, menjelaskan bahwa perbedaan biaya antara visa wisata dan visa kerja sangat signifikan. Tindakan ketiga seniman ini dianggap merugikan negara dan melanggar peraturan keimigrasian.

Ketiga seniman yang diundang pihak panitia untuk mengisi acara Tulang Bawang Barat (Tubaba) Art Festival. Mereka membawa visa izin wisata, tapi kenyataannya ketiga WNA ini bekerja atau menjadi guest stat di event kesenian di Tulang Bawang Barat. 

12 Warga Negara Nigeria Diamankan Terkait Izin Tinggal dan Aktivitas Ilegal di Lampung Timur

"Mereka juga dijanjikan mendapatkan bayaran dari penyelenggara acara Tubaba Art Festival," kata Aji Pratama, saat dikonfirmasi Jumat (9/8/2024).

Dalam acara Tubaba Art Festival yang digelar Pemda Tulang Bawang Barat dengan mengundang empat artis luar negeri Asal Cina, Jepang dan Amerika. Ketiganya terjaring saat tampil sebagai bintang tamu di Tubaba Art Festival.

Halaman Selanjutnya
img_title