Menghidupkan Warisan Budaya Lewat Recaka Musik Lampung

Penampilan peserta di Recaka Musik Lampung
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung – Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Fitrah Arda menekankan pentingnya pelestarian musik tradisional dalam upaya memajukan kebudayaan Indonesia. 

IPM Lampung dan Kanwil Kemenag Memperkuat Moderasi Beragama di Kalangan Pelajar

Hal tersebut disampaikan dalam pembukaan Festival Musik Tradisi Indonesia 2024 bertajuk Recaka Musik Lampung di PKOR Bandar Lampung pada Sabtu (13/7/2024) malam. 

ia menyampaikan, bahwa festival ini dirancang untuk membuka ruang bagi musik tradisional agar kembali hadir di tengah masyarakat. 

PAPPRI Lampung Apresiasi Seniman Musik Lokal, Gelar Acara Penyerahan Dana Apresiasi

"Kita tidak hanya sekedar bangga dengan kebudayaan masa lalu, tapi harus kita gunakan untuk masa kini dan masa depan," kata dia saat membuka sambutan. 

Selain pertunjukan musik tradisional, festival ini juga menyelenggarakan seminar yang membahas cara menghidupkan kembali dan menarasikan musik tradisional.

Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Digelar Pakai Bahasa Lampung

"Musik itu hadir dari hubungan sosial di masyarakat. Hilangnya hubungan sosial maka hilang juga musik tradisi itu sendiri. Ini adalah langkah kita untuk menghidupkan kembali minat akan musik tradisi di Lampung," jelas Fitrah Arda.

Disampaikannya, Lampung dipilih sebagai lokasi awal festival ini karena kekayaan budayanya dan posisinya yang strategis. 

Halaman Selanjutnya
img_title