Intip Tradisi Riungan Godong Pisang di Lampung Selatan Dalam Menyambut dan Melepas Tamu

Tradisi riungan godong pisang di Lampung Selatan.
Sumber :
  • Lampung.viva

Lampung Selatan, LampungRiungan godong pisang, salah satu tradisi dan warisan leluhur yang hingga kini masih tetap dipertahankan di Desa Jati Baru, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, dalam menyambut dan melepas tamu.

Acara riungan godong pisang ini sudah menjadi tradisi setiap menerima atau melepas tamu yang singgah di desa tersebut. Riungan atau bancakan bersama merupakan tradisi temurun pada acara pisah atau sambut tamu yang rutin dilakukan masyarakat.

Seperti yang dilakukan warga dan Kepala Desa Jati Baru menggelar acara riungan dengan makan bersama beralas daun pisang saat acara pelepasan atau penarikan peserta PPL mahasiswa Universitas Islam An-nur Lampung.

Dengan penuh keceriaan, warga dan perangkat desa serta mahasiswa yang telah habis masa tugas PPL menyantap makanan dengan menu  tradisional, mulai dari urap, sambal, ikan asin, tahu, tempe dan menu lainnya disajikan pada acara riungan lepas mahasiswa PPL.

Salah seorang mahasiswa, Eko Warsono mengaku senang atas sambutan dan keramahan para warga setempat. Selain ajang perpisahan PPL, bancakan godong pisang ini sebagai ajang silaturahmi antara mahasiswa bersama warga dan perangkat desa.

"Ini sebagai bentuk syukuran kita setelah menyelesaikan kegiatan PPL di desa ini. Kegiatan riungan godong pisang mewujudkan kebersamaan, kesederhanaan dan kerukunan masyarakat," kata Eko.

Bripda M Dicky Wakili Kabupaten Lampung Selatan di Grand Final Muli Mekhanai 2024

Menu tradisional dalam riungan godong pisang.

Photo :
  • Lampung.viva


Sementara itu, Kepala Desa Jati Baru, Kusharyanto menngatakan riungan godong pisang ini sudah menjadi tradisi masyarakat sejak tahun 1960 hingga kini masih tetap dipertahankan di Desa Jati Baru.

Halaman Selanjutnya
img_title