Recaka Musik Lampung Upaya Lestarikan Musik Tradisi di Bumi Ruwa Jurai

Recaka Musik Lampung Upaya Lestarikan Musik Tradisi di Bumi Ruwa Jurai
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

LampungFestival Musik Tradisi Indonesia (FMTI) bakal digelar di pelataran Pasar Kreatif Seni (PAKSI) PKOR Way Halim, Bandar Lampung, pada tanggal 13-14 Juli 2024.

Pesan Kemendikbudristek Soal Musik Tradisi di Lampung

Festival yang bertajuk "Recaka Musik Lampung" merupakan bagian dari program Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek RI.

Pemilihan Provinsi Lampung menjadi tuan rumah dalam penyelenggaran Festival musik tersebut bukan tanpa alasan. 

Menghidupkan Warisan Budaya Lewat Recaka Musik Lampung

Irnie Wanda, Tim Kerja Festival Direktorat Perfilman Musik dan Media Kemendikbudristek menjelaskan, keputusan ini diambil berdasarkan beberapa alasan kuat yang menjadikan Lampung sebagai tempat yang tepat untuk perhelatan budaya ini.

Menurut Irnie, Lampung dikenal memiliki kekayaan dan keunikan dalam musik tradisionalnya. Dari berbagai jenis alat musik hingga variasi warna musik, Lampung menawarkan pengalaman yang berbeda dari daerah lain di Indonesia. 

Dibuka Besok, Recaka Musik Lampung Diikuti 13 Komunitas Grup dan 5 Penggiat Kesenian

"Lampung itu memiliki musik tradisi yang khas dan keunikan tersendiri pada musik tradisional di Lampung," tutur Irnie saat diwawancarai, Jumat (5/7/2024). 

Lebih lanjut, beragamnya alat musik tradisional yang dimiliki Lampung menjadi daya tarik tersendiri. Alat musik seperti gambus, gitar tunggal, cetik, gamola, dan serdam memberikan warna dan karakteristik yang khas pada musik tradisional Lampung. 

Halaman Selanjutnya
img_title