Menyambut Demokrasi: Pasangan Calon Siap Bertarung di Pilkada Lampung 2024, Siapa yang Layak?

Ilustrasi pemilihan umum di Lampung
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung – Provinsi Lampung bersiap menghadapi pesta demokrasi pada 27 September 2024, ketika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak akan digelar bersamaan dengan seluruh Indonesia. 

Lampung Butuh 13.277 Pengawas TPS untuk Pilkada 2024

Dari ujung timur hingga barat, Lampung akan menggelar Pilkada yang mencakup satu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub), dua Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot), serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) di 13 kabupaten.

Dengan total 35 pasangan bakal calon kepala daerah (cakada) yang telah mendaftar, suasana politik di Bumi Ruwa Jurai ini semakin memanas. Para calon siap memperebutkan hati rakyat di berbagai wilayah, dari kota-kota besar hingga pelosok kabupaten. 

Kontestasi Pilkada di Lampung: Momen Penting untuk Kemajuan Masyarakat

Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Lampung menunjukkan, jumlah ini masih bisa berubah, mengingat ada beberapa daerah yang membuka perpanjangan masa pendaftaran hingga akhirnya diputuskan oleh KPU.

Peta Politik Lampung: Kandidat-Kandidat Unggulan

Pentingnya Netralitas ASN dan Kepala Desa dalam Pilkada Lampung 2024

Di tingkat provinsi, kontestasi Pilgub Lampung dipastikan akan seru dengan dua pasangan yang sudah dipastikan maju. 

Pasangan Rahmat Mirzani Djausal dan Jihan Nurlela yang didukung oleh koalisi besar yang terdiri dari Gerindra, PKB, Demokrat, NasDem, PKS, dan Golkar, akan berhadapan dengan pasangan petahana Arinal Djunaidi dan Sutono yang diusung oleh PDIP.

Halaman Selanjutnya
img_title