Lampung Butuh 13.277 Pengawas TPS untuk Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P. Panggar
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

Lampung – Sebanyak 13.277 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibutuhkan di seluruh wilayah Lampung guna memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 berjalan jujur, adil, dan transparan. 

Kontestasi Pilkada di Lampung: Momen Penting untuk Kemajuan Masyarakat

Proses rekrutmen ini dimulai pada 12 September 2024 dan akan berlangsung hingga 28 September 2024, sesuai dengan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS dalam Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P. Panggar, menegaskan bahwa proses ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun, memiliki integritas tinggi, dan tidak terafiliasi dengan partai politik dalam lima tahun terakhir. 

Pentingnya Netralitas ASN dan Kepala Desa dalam Pilkada Lampung 2024

Calon pengawas TPS juga harus berdomisili di wilayah tempat mereka bertugas serta bersedia bekerja penuh waktu selama masa pemilihan.

"Pengawas TPS memegang peran penting dalam menjaga agar setiap suara masyarakat dihitung dengan benar dan adil. Kami berharap bisa mendapatkan individu yang kompeten dan berdedikasi untuk mengawal Pilkada 2024," kata Iskardo, melalui keterangan tertulis dikutip, Kamis (12/9/2024). 

DPP Projo Resmi Dukung Mirza-Jihan di Pilkada 2024, Pasangan Berkomitmen Tinggi Memajukan Lampung

Tahapan perekrutan meliputi pengumuman pendaftaran, penerimaan berkas, seleksi administrasi, hingga wawancara yang akan menentukan calon pengawas terpilih pada 23-25 Oktober 2024. 

Mereka yang terpilih akan dilantik pada 3-4 November 2024 dan langsung bertugas pada hari pemungutan suara. Untuk TPS yang masih kekurangan pengawas, akan ada perpanjangan rekrutmen hingga 20 November 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title