Dinamika Pilkada Serentak 2024: Pertarungan Ketat RMD-Jihan vs Arinal-Sutono di Pilgub Lampung

Direktur Lampung Political Community, Triono.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Penutupan pendaftaran calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung pada 29 Agustus 2024 menampilkan kejutan menarik dalam kontestasi Pilkada Serentak 2024. 

DPP Projo Resmi Dukung Mirza-Jihan di Pilkada 2024, Pasangan Berkomitmen Tinggi Memajukan Lampung

Tidak seperti yang sempat digadang-gadang akan menghadirkan calon tunggal melawan kotak kosong, ternyata dua pasangan calon (paslon) resmi mendaftar untuk bertarung memperebutkan kursi Gubernur Lampung.

Pasangan pertama, Rahmat Mirzani Djausal-Jihan Nurlela, mengusung koalisi besar yang terdiri dari 12 partai, termasuk 7 partai parlemen seperti Gerindra, PKB, PKS, NasDem, Demokrat, PAN, dan Golkar, serta 5 partai nonparlemen, yaitu Prima, Buruh, PPP, Ummat, dan PSI. 

Siap Bertarung di Pilkada Lampung, Arinal Junaidi Sebut Berkoalisi Dengan Rakyat

Pasangan kedua, Arinal Djunaidi-Sutono, diusung oleh PDI-P, partai yang memiliki sejarah kuat di Lampung.

Menurut Direktur Lampung Political Community, Triono, penampilan dua paslon ini menunjukkan dinamika yang menarik. 

Sindir Paslon Lain Pringsewu Bukan Untuk Coba Coba, KPU Pastikan Ada 4 Paslon Daftar

"Saya pikir ini menarik karena di Lampung ternyata calonnya bukan seperti yang digadang-gadang selama ini satu calon melawan kotak kosong, tapi ada dua cagubnya. Itu sesuatu yang menarik dalam kontestasi politik kedepannya," kata Triono.

Rahmat Mirzani Djausal (RMD), yang juga merupakan Ketua DPD Gerindra Lampung dan memimpin partai tersebut dalam pemilu legislatif Februari 2024 lalu, memiliki pengalaman legislatif yang solid. 

Halaman Selanjutnya
img_title