Unila Beri Pelatihan Keuangan dan Pemasaran Digital pada Pengrajin Batik Andanan Lampung

Pelatihan Keuangan & Digital pada Pengrajin Batik Andanan Lampung
Sumber :
  • Istimewa/unila

LampungWarisan budaya Batik Lampung dengan kekayaan ragam coraknya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas Lampung. Meskipun demikian, pengrajin Batik Lampung, khususnya CV. Andanan, sering menghadapi hambatan dalam mengembangkan usaha mereka.

Brimob Polda Lampung Laksankan Latihan Selam Dasar Polri

Dalam menanggapi tantangan ini, Universitas Lampung (Unila) melalui Program PKM Kemitraan Masyarakat DRPM Kemendikbud menyelenggarakan program dengan judul "Peningkatan Akses Pasar dan Modal Pengrajin Batik Andanan Lampung melalui Pelatihan Keuangan dan Pemasaran Digital."

Program pelatihan ini merupakan hasil kolaborasi antara para dosen dan mahasiswa dari Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) serta Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unila dengan pengrajin Batik Andanan Lampung.

Ada dari Lampung, Ini 20 Universitas Terbaik di Indonesia 2024 Versi Scimago

Tim dosen yang terlibat dalam program ini melibatkan Didik Kurniawan dari Jurusan Ilmu Komputer FMIPA, Anie Rose Irawati dari Jurusan Ilmu Komputer FMIPA, dan Damayanti dari Administrasi Bisnis FISIP.

Cerita Gibransyah, Jadi Fasilitator Perbankan Syariah Lewat MSIB

Program ini, yang mendapatkan dukungan dari Dirjen Dikti Kemendikbud RI, memberikan pelatihan seputar pengelolaan website, optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran digital, manajemen produk, serta pencatatan dan pelaporan keuangan yang benar.

Menurut Anie, pada Jumat (6/10), pengrajin juga mendapatkan bimbingan langsung dalam menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh. Selama berlangsungnya program, para pengrajin Batik Andanan berhasil membangun dan mengelola sebuah website resmi untuk usaha mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title