Nasib Malang Pemilik Tanaman Singkong di Lampung: Helikopter Rombongan Presiden Jokowi Rusak Tanaman

Tanaman singkong rusak akibat diterpa angin Helikopter.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Utara, Lampung – Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan dengan menaiki dua helikopter Super Puma TNI AU yang mendarat di Stadion Sukung Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Kamis (11/7/2024), pukul 14.36 wib membuat sejumlah tanaman singkong sekitar lokasi tercabut dan merugikan petani.

Nasib malang dirasakan oleh Rahmat Saleh, pemilik tanaman singkong seluas 720 meter persegi, bertempat di belakangan Stadion Sukung Kotabumi itu terpaksa harus panen dini, karena takut buahnya busuk lantaran sebagian sudah pora-poranda akibat hempasan angin Helikopter Rombangan Presiden Jokowi kemari.

Peristiwa ini dibenarkan oleh M. Deki Matiasgo. Ia menceritakan bahwa kedatangan helikopter rombongan Presiden Jokowi ke Kotabumi, Lampung Utara membawah dampak ke hasil bumi sekitar.

"Helikopter itu kan mendarat di stadion. Angin dari putaran baling-baling helikopter itu sangat kuat sehingga tanaman singkong ini terkena. Batang singkong ada yang patah, tanamannya ada yang tercabut," kata M.Deki, Jumat (12/7/2024).

Menurut Deki, tanaman singkong jenis Casesa yang baru berusia 5-6 bulan itu sebenarnya dalam masa pertumbuhan yang baik-baik saja sebelum kejadian ini terjadi. Namun, kencangnya angin dari helikopter saat mendarat membuat sebagian besar tanaman tumbang dan tidak bisa bertahan.

"Kami terpaksa melakukan panen dini untuk menghindari kerugian lebih lanjut karena takut buah singkongnya akan busuk karena terlalu lama terkena angin," tambah M. Deki.

Mereka meminta ada pihak yang dapat bertanggungjawab atas peristiwa itu. Akibat kerusakan tanaman singkong ini, dirinya mengalami kerugian mencapai Rp3 juta hingga Rp4 juta.

"Kita minta pihak terkait bertanggungjawab. Untuk menanam singkong ini juga memakai biaya untuk membeli pupuk. Belum ada yang berkomunikasi untuk proses ganti rugi," tandasnya.

Diketahui, kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Kabupaten Lampung Utara untuk meninjau Pasar Sentral, melihat Fasilitas dan membagikan Bantuan ke warga dan pedagan. Agenda di Lanjutkan Meresmikan 16 Ruas Jalan di 11 Kabupaten/Kota di Lampung Secara simbolis di Desa Jagang, Blambangan Pagar.(*)

Dibangun Sejak 2017, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga di Lampung Telan dana Rp846 Miliar