Mentan-Wakasal Tinjau Lahan Ketahanan Pangan di Lampung

Ceremoni panen padi oleh Mentan-Wakasal
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma melakukan kunjungan kerja ke lahan ketahanan pangan milik TNI AL yang dikelola oleh Lanal Lampung dan Brigif 4 Marinir. 

Kapolres Lampung Barat Dampingi Kunjungan Presiden Jokowi ke Wilayah Lampung Barat

Lahan tersebut seluas 1.182 hektar terdiri dari 42 hektar lahan jagung, 250 hektar lahan padi, 3 hektar lahan hortikultura, serta 262 hektar lahan perkebunan pisang, alpukat, dan kelapa.

"Kolaborasi semua pihak ini sesuai dengan instruksi Presiden, yang dimana apabila Indonesia terjadi krisis iklim itu semua pihak diminta untuk berkolaborasi dengan kementerian terkait. Alhamdulillah, Angkatan Laut luar biasa melangkah lebih jauh ke depan pemulihan pangan sudah disiapkan, dari hulu ke hilir. Kami sangat berterima kasih. Ini luar biasa kegiatan kita ini," kata Mentan saat diwawancarai awak media pada Rabu (10/7/2024).

Nasib Malang Pemilik Tanaman Singkong di Lampung: Helikopter Rombongan Presiden Jokowi Rusak Tanaman

Mentan menyampaikan bahwa Angkatan Laut (AL) menjadi motor penggerak dan bisa menjadi contoh di masyarakat. 

"Kita akan kolaborasi terus, kita akan memberikan alat pertanian seperti traktor, alat panen, dan lain sebagainya. Tak lupa kami juga memberikan benih gratis bagi masyarakat dari Pemerintah," jelasnya.

Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Provinsi Lampung Dikelilingi Pengamanan Ketat

Sementara itu, Wakasal Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma menuturkan bahwa TNI AL bersinergi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dan berkomitmen untuk mendukung program pemerintah guna menjamin ketersediaan pangan. 

"Kebetulan apa yang ingin ditinjau oleh beliau (Mentan) itu sebagian besar apa yang selama ini sudah dilaksanakan oleh jajaran TNI AL di wilayah Lampung oleh Brigif 4 Marinir/BS ataupun Pangkalan Laut (Lanal) yang ada di Caligi ini," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title