Realisasi Pendapatan Daerah Kota Bandar Lampung Tahun 2023 Mencapai 77 Persen

Kepala BPKAD Kota Bandar Lampung M Nur Ramdhan
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung – Realisasi Pendapatan Daerah (PD) kota Bandar Lampung pada tahun 2023 telah mencapai sekitar Rp1,7 triliun atau 77 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp2,3 triliun. 

Marindo Kurniawan High Level Meeting, Kejari Pringsewu Bongkar Bongkar Bapenda

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kota Bandar Lampung, M Nur Ramdhan, mengungkapkan hal tersebut dalam keterangannya di ruang kerjanya pada Selasa (17/10/2023).

Ramdhan menjelaskan bahwa pendapatan daerah tersebut berasal dari tiga sumber, yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD), dana transferan pusat, dan Dana Bagi Hasil (DBH) dari provinsi Lampung.

Lunas Pajak Bumi dan Bangunan, Sejumlah Camat dan Peratin di Pesisir Barat Dapat Apresiasi

“Nilainya hampir semua rata baik dari PAD maupun dana transferan dari pusat, yang rata-rata mencapai 70 persen,” ujar Ramdhan.

Kejati Lampung Tahan 2 Tersangka Korupsi Proyek Jalan di Kotabumi, Kerugian Negara Lebih dari Rp 2 M

Namun, ia menambahkan bahwa yang belum mencapai realisasi target adalah DBH. Untuk mencapai target pendapatan daerah, pemerintah setempat berupaya memaksimalkan penagihan pajak kepada wajib pajak dan mencari potensi PAD lainnya.

“Tapi sampai saat ini, belum ada rencana menjual aset untuk memenuhi target tersebut, karena biaya yang ada masih mencukupi untuk belanja,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title