Tokoh Masyarakat Lampung Tengah Minta Proses Pengelolaan Lahan PT BSA Berlangsung Damai

Tokoh Masyarakat Minta Proses Pengelolaan Lahan Berlangsung Damai
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Tengah – Sejumlah tokoh masyarakat di Lampung Tengah meminta agar proses pengelolaan lahan PT Bumi Sentosa Abadi (PT BSA) dapat berlangsung dengan damai. Permintaan ini ditujukan kepada kedua belah pihak, yaitu warga dan kelompok kerja (pokja) forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Lampung Tengah.

Waspada 'Lubang' Pemudik Berhati-hati Melintasi Jalan Raya Pekon Rejosari

Para tokoh masyarakat ini mengungkapkan bahwa proses pengelolaan lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT BSA memerlukan waktu yang cukup lama karena luasnya lahan yang ada. Sementara itu, warga saat ini sedang mempertimbangkan apakah mereka akan melakukan pemanenan tanaman mereka atau melaporkan agar mendapatkan tali asih (ganti rugi) dari perusahaan.

Ahmad Wagimin, anggota DPRD Lampung Tengah dan warga Kecamatan Padang Ratu, mengungkapkan harapannya agar kedua belah pihak dapat mencari solusi damai dalam penyelesaian masalah ini. 

Kedapatan Bawa Narkotika Jenis Sabu Pemuda Asal Lampung Tengah Ditangkap Polisi

"Kita berharap masyarakat sadar dan taat pada hukum yang berlaku," kata Wagimin pada Minggu (24/9).

Bandar Lampung Memiliki Kawasan Pertanian Tanaman Pangan Seluas 222 Hektare

Pihak Pokja Forkopimda juga diminta untuk mengutamakan dialog dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dan mempromosikan pembangunan yang merata dengan kehadiran perusahaan pengelola. Dengan begitu, situasi di Lampung Tengah dapat tetap kondusif dan aman.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Rosali, seorang tokoh masyarakat adat Kampung Tanjung Harapan. Ia mendesak agar semua masalah yang timbul di lahan tersebut diselesaikan melalui jalur damai. 

Halaman Selanjutnya
img_title