Pembuatan Kartu Kuning di Pesisir Barat Mengalami Peningkatan Sepanjang 2023

Proses permohonan pembuatan kartu kuning di Disnakertrans Pesibar
Sumber :
  • Istimewa

Pesisir Barat, Lampung – Pada tahun 2023, pembuatan Kartu Kuning (AK.1) di Kabupaten Pesisir Barat mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh hadirnya perusahaan baru di wilayah setempat, yang meningkatkan minat masyarakat untuk mencari pekerjaan. Kartu Kuning (AK.1) adalah salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan.

Itera Berikan Pelatihan Water Rescue Dalam Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana

Tahun sebelumnya, pada tahun 2022, pencari Kartu Kuning di Pesisir Barat cenderung lebih dominan mencari pekerjaan di luar Jabodetabek atau kawasan industri di luar provinsi, dibandingkan dengan mencari pekerjaan di lokal.

Lunas Pajak Bumi dan Bangunan, Sejumlah Camat dan Peratin di Pesisir Barat Dapat Apresiasi

Menurut Joni Afrizal, Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pesisir Barat, pembuatan Kartu Kuning (AK.1) meningkat dari bulan Januari sampai bulan Juni 2023, dengan total keseluruhan 1.001 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2022 terdapat 803 pembuat Kartu Kuning.

Dari sektor jenjang pendidikan, paling banyak orang yang membuat Kartu Kuning berasal dari lulusan SMA, dengan total keseluruhan 586 orang. Sedangkan sektor pendidikan lainnya memiliki jumlah yang lebih rendah, seperti SD hanya 10 orang, SMP hanya 63 orang, Diploma hanya 11 orang, dan Sarjana 61 orang.

Hotel Grand Mercure Lampung Kembali Membuka 7 Lowongan Kerja, Ini Posisi yang Dibutuhkan

Peningkatan pembuatan Kartu Kuning ini dipengaruhi oleh adanya perusahaan baru yang beroperasi di Pekon Way Sindi Hanuan, Kecamatan Karya Penggawa, Pesibar. Adanya lapangan pekerjaan baru memberikan peluang bagi masyarakat setempat dan menjadi sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

“Hal ini di karenakan bukanya lapangan pekerjaan baru di suatu perusahaan di Pekon Way Sindi Hanuan, Kecamatan Karya penggawa, Pesibar,” ujar Joni Afrizal.

Halaman Selanjutnya
img_title