Penyusunan Model Revitalisasi Bahasa Daerah di Lampung: Cegah Kepunahan

Dokumentasi kantor bahasa Lampung via Instagram
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

LampungKantor Bahasa Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Model Pembelajaran Revitalisasi Bahasa Daerah pada 17—21 April 2024 di Hotel Santika, Bandar Lampung. 

Akan Direvitalisasi, Lapak Pedagang di Pasar Gintung Bandar Lampung Mulai Dibongkar

Hal ini merupakan kegiatan lanjutan dalam rangkaian pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Daerah untuk Tunas Bahasa Ibu 2024 setelah sebelumnya dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Mitra Kerja Revitalisasi Bahasa Daerah.

Mengutip halaman resminya, kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) ini dilakukan, sebagai upaya pelestarian dan pengembangan bahasa daerah melalui pewarisan bahasa daerah kepada generasi muda. 

APKS PGRI Lampung Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

"Untuk mendorong penggunaannya, dalam komunikasi yang beragam sehingga daya hidup bahasa daerah tersebut pada taraf aman dan diwariskan dengan baik," kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Desi Ari Pressanti, dikutip Kamis (25/4/2024).

Lebih lanjut, langkah ini ditempuh untuk mencegah punahnya penggunaan bahasa daerah oleh generasi muda, yang berdasarkan hasil kajian vitalitas menunjukkan bahwa daya hidup bahasa Lampung dalam kondisi rentan.

Wali Kota Bandar Lampung Mengajak Masyarakat Lestarikan dan Gunakan Bahasa Lampung

"Untuk melaksanakan revitalisasi bahasa daerah ini diperlukan suatu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk memandu jalannya pembelajaran yang akan dilaksanakan di sekolah-sekolah," jelasnya. 

Kemudian, Model Pembelajaran Revitalisasi Bahasa Daerah berisi materi-materi yang digunakan untuk mengajarkan bahasa Lampung kepada siswa-siswa di sekolah. 

Halaman Selanjutnya
img_title