Pemain Barcelona Lamine Yamal Cetak Sejarah sebagai Pemain Termuda di Euro 2024

Lamine Yamal Pecahkan Rekor Euro 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Viva Lampung, OlahragaPemain depan Barcelona, Lamine Yamal kembali mencetak sejarah sebagai pemain termuda. Kali ini Lamine Yamal mencatatkan sejarah sebagai pemain termuda di Euro 2024.

Sebelumnya Lamine Yamal memiliki catatan rekor sebagai pemain termuda di dalam sejarah Barcelona dan Timnas Spanyol serta termuda kedua di Liga Champions.

Bermain sebagai starter eleven, Lamine Yamal mencatatkan sejarah sebagai pemain termuda di Euro 2024 di usia 16 tahun 338 hari.

Dikutip dari laman Sportsmole, Lamine Yamal turut menjadi pemain termuda yang memberikan assist pada Euro 2024.

Lamine Yamal memberikan satu assist untuk kemenangan Spanyol 3-0 atas Kroasia di Stadion Olympia Berlin, Sabtu (15/6/2024).

Gelaran Euro 2024 ini pun menjadi debut pertama pemain jebolan Akademi Barcelona ini.

"Saya harus akan kemenangan, ini adalah debut Euro saya dan saya sudah berpikir tentang pertandingan selanjutnya. Saya siap mengikuti arahan pelatih," kata Lamine Yamal.

Lamine Yamal bersyukur pada pemain tidak melihatnya sebagai anak belasan tahun.

Menurutnya, para pemain seperti Dani Carjaval pun tak memandangnya sebelah mata. Dia pun berhasil memberikan kontribusi bagi gol ketiga Spanyol dengan umpan untuk Dani Carjaval.

"Saya memiliki situasi one on one yang bagus bersama Nico William dan dengan tendangan pojok kami mencoba melihat apakah dapat mencetak satu gol," kata Lamine Yamal.

"Saya melihat Dani maju ke depan dan saya mengumpan, dia mencetak gol yang luar biasa," tambah Yamal.

Sebelumnya, Lamine Yamal menjadi pemain termuda di Barcelona dengan debut di usia 15 tahun sembilan bulan 16 hari.

Dia pun debut di Liga Champions di usia 16 tahun 68 hari dan menjadi pemain termuda kedua setelah Youssoufa Moukko yang debut di usia 16 tahun 18 hari.

Menjadi langganan di Timnas Spanyol kategori umur, Lamine Yamal pun mencatatkan rekor dengan promosi ke senior dan debut di usia 16 tahun satu bulan 26 hari.(*)

Ferran Torres Cetak Gol, Barcelona Menang Tipis 1-0 atas Porto

Lamine Yamal, pemain timnas Spanyol pecahkan rekor Euro 2024.

Photo :
  • Istimewa