Debut Manis Bersama Timnas Spanyol di Euro 2024, Lamine Yamal: Ini Adalah Mimpi

Lamine Yamal, pemain timnas Spanyol pecahkan rekor Euro 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Viva, OlahragaLamine Yamal melakoni debutnya dengan manis bersama Timnas Spanyol di Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 usai mengalahkan Kroasia dengan skor 3-0 dalam laga pembuka Grup B di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu 15 Juni 2024 malam WIB.

Dalam Euro 2024, Yamal merupakan pemain termuda yang tampil, usianya kini baru 16 tahun. Dia menggeser rekor pemain termuda sebelumnya dipegang pemain Timnas Polandia, Kacper Kozlowski ketika tampil di Euro 2020 saat berusia 17 tahun.

Dalam pertandingan kontra Kroasia, Spanyol membuka keunggulan lewat gol Alvaro Morata pada menit ke-29. Tiga menit berselang Fabian Ruiz menambah go untuk La Furia Roja.

Adapun, gol ketiga Timnas Spanyol dihasilkan melalui tandukan Dani Carvajal memanfaatkan umpan silang dari Lamine Yamal pada menit ke 45+2’.

Umpan silang berbuah gol tersebut membuka rekor Yamal di Euro sebagai penyumbang assist termuda di Piala Eropa.

Uniknya, assis Yamal diberikan kepada Carvajal yang merupakan pencetak gol tertua di Timnas Spanyol sepanjang sejarah Piala Eropa, yakni berusia 32 tahun.

"Ini adalah sebuah mimpi. Saya sangat senang bisa bermain di Piala Eropa,” ujar Yamal dikutip dari SportsMax Minggu, 16 Juni 2024.

Yamal menilai Timnas Spanyol kini tampil dengan kepercayaan diri penuh. Dia mengatakan usai menekuk Kroasia, mereka langsung fokus menatap laga berikutnya untuk melawan Timnas Italia.

Berbekal hasil positif, anak-anak asuh Luis de La Fuente kini nangkring di puncak klasemen sementara Grup B dengan 3 poin. Mereka unggul selisih gol dari Italia yang hanya menang 2-1 dari Albania di laga pembuka.

"Kami akan pergi dengan kepercayaan diri yang sama. Kerja keras dalam beberapa bulan terakhir telah terlihat hasilnya," pungkas pemain Barcelona ini.(*)

Pemain Barcelona Lamine Yamal Cetak Sejarah sebagai Pemain Termuda di Euro 2024