Efisiensi Tinggi: UMKM di Lampung Hemat Hingga 50 Persen, Ini Alasannya

UMKM di Lampung
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

Lampung – Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Lampung, terutama di Bandar Lampung, kini semakin diuntungkan dengan penggunaan Jaringan Gas (Jargas) yang disediakan oleh PGN, Subholding Gas dari Pertamina. 

Lampung Selatan Expo 2024 Sukses Besar, 15.000 Pengunjung Padati Malam Penutupan

Jargas ini terbukti lebih ekonomis dan mampu menghemat biaya operasional hingga 30-50 persen.

Dimas, pemilik outlet Sate Utami Cabang Wayhalim, membagikan pengalamannya setelah beralih ke Jargas PGN dua bulan yang lalu. 

Kunjungi Terminal LNG FSRU Lampung, Asosiasi Industri jadi Saksi Penyaluran LNG

Ia merasakan penghematan yang signifikan dibandingkan dengan penggunaan LPG. Sebelum beralih, outletnya menghabiskan satu atau lebih tabung LPG ukuran 12 kg setiap hari, yang sering kali menyisakan gas tidak terpakai akibat tekanan rendah.

"Sejak menggunakan Jargas, pengeluaran kami turun drastis, hanya sekitar 2 juta rupiah per bulan dari sebelumnya 4-5 juta rupiah. Ini jelas menguntungkan secara bisnis, karena selain hemat, kami juga tidak perlu sering mengganti tabung," ujar Dimas pada Selasa (30/7/2024).

Bangga, Imigrasi Kotabumi Raih Penghargaan Peringkat Kedua Implementasi Digipay

Ia juga menambahkan bahwa api dari kompor Jargas lebih besar, sehingga proses memasak menjadi lebih cepat dan efisien.

Menurutnya, hingga saat ini tidak ada kendala berarti dalam penggunaan Jargas, dan PGN memberikan layanan yang cepat tanggap jika ada keluhan.

Halaman Selanjutnya
img_title