Kota Metro Lampung Menuju Digital Dalam Sistem Pembayaran

Ilustrasi Pembayaran Digital
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa (Internet)

Lampung – Dalam upaya untuk mempermudah pembayaran pajak dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kota Metro bekerja sama dengan sektor perbankan untuk memperkenalkan kanal pembayaran digital. 

OJK Lampung Gencarkan Literasi Keuangan ASN, Dorong Digitalisasi dan Investasi

Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) mendorong realisasi pembayaran pajak melalui layanan mobile banking sebagai bagian dari strategi ini. 

Komitmen tersebut ditegaskan dalam High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Metro pada 25 Juli 2024, dengan tema “Kolaborasi Bersama Penyelenggara Jasa Pembayaran untuk Meningkatkan Transaksi Non Tunai” di Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana.

Bertemu Menkominfo Budi Arie, RMD Dorong Strategi Digitalisasi untuk Pembangunan di Lampung

Berdasarkan evaluasi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) Kota Metro untuk semester 2-2023, Kota Metro telah berada di tahap digital. 

Hal ini didukung oleh ketersediaan kanal digital yang lengkap dan lingkungan strategis yang mendukung. Namun, masih terdapat ruang untuk peningkatan dalam realisasi transaksi pembayaran digital pendapatan daerah, mengingat dominasi pembayaran non-QRIS. 

Kota Metro Lampung Punya Toko Pengendali Inflasi Untuk Stabilkan Harga Pangan

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan, menekankan perlunya sosialisasi dan edukasi tentang pembayaran pajak secara digital guna meningkatkan pemahaman wajib pajak.

Program digitalisasi transaksi yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Metro bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. 

Halaman Selanjutnya
img_title