"Dugul" Gajah Liar Taman Nasional Way Kambas Kini dipasangi Kalung GPS Collar

"Dugul" Gajah Liar TNWK Kini dipasangi Kalung GPS Collar
Sumber :
  • BTN Way Kambas/Komunitas Untuk Hutan Sumatera

Lampung Timur, LampungDugul adalah gajah liar Sumatera yang hidup di kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur. Dahulu Dugul pernah dipasangi kalung, tapi terlepas. Kalung yang dimaksud adalah kalung GPS Collar.

Warga Lampung Timur Temukan Bayi Perempuan, Ada Selembar Surat yang Isinya Memilukan

Gajah Dugul adalah salah satu gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) jantan yang paling ditakuti oleh masyarakat disekitar desa peyangga kawasan TNWK, gajah dugul tersebut tidak mempunyai gading, selalu hidup menyendiri tidak berkelompok dengan gajah lainnya, namun gajah dugul mempunyai kekuasaan yang membuat gajah lain takut dengannya.

Tim Gajah Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) bersama dengan Komunitas untuk Hutan Sumatera (KHS) berhasil menemukan Dugul dan memasang GPS Collar yang baru pada Selasa (24/1), dilansir dari akun instagram resmi TNWK @btn_waykambas.

Polres Lampung Timur Amankan Belasan Remaja yang Hendak Tawuran

Gajah Dugul Taman Nasional Way Kambas

Photo :
  • -

Pemasangan GPS Collar berlangsung kurang dari satu jam. Selanjutnya Dugul terpantau sedang berjalan menuju habitatnya di kawasan TNWK. Dengan terpasangnya GPS Collar pada Dugul, maka misi Tim Gajah TNWK bersama dengan mitra KHS telah berhasil.

Dialog dengan Petani di Lampung Timur, Capres Anies Baswedan Janjikan Ini

Harapannya, dengan pemasangan GPS Collar akan memberikan informasi tentang keberadaan gajah. Informasi ini penting untuk mendeteksi sejak dini interaksi negatif antara gajah dan masyarakat. Sehingga dapat mencegah timbulnya kerugian yang lebih besar.

Data pergerakan gajah yang diperoleh dari GPS Collar juga bermanfaat untuk memetakan pola pergerakan gajah di TNWK, untuk mengetahui daya jelajah dan pemanfaatan tipe habitat guna kepentingan tata kelola kawasan terkait evaluasi zonasi atau kebijakan pengelolaan lainnya. (Kementerian LHK/BTN Way Kambas/Komunitas Untuk Hutan Sumatera)

Halaman Selanjutnya
img_title