Klarifikasi Lion Air Group Soal Insiden Tabrak Garbarata di Merauke

Pesawat Lion Air Tabrak Garbarata Bandara Merauke, Papua
Sumber :
  • Supriadi Maud/VIVA

LampungLion Air Group beri klarifikasi terkait insiden pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 797 yang menabrak garbarata, Kabupaten Merauke, Papua Selatan pada Kamis (26/01/2023) sekitar pukul 09.10 WIT.

Keajaiban, Empat Anak Ditemukan Selamat di Hutan Kolombia 40 Hari Setelah Kecelakaan Pesawat

Corporate Communication Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan bahwa saat ini pihaknya bersama kepolisian sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Pihak Lion Air tidak dapat berspekulasi atau memberikan keterangan mengenai penyebab. Proses investigasi akan membutuhkan waktu signifikan untuk mendapatkan rekomendasi,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (26/01/2023).

Bandara Radin Inten II Lampung Dapat Tambahan Maskapai Baru di Lebaran 2023

Setelah kecelakaan itu terjadi, Danang menjelaskan bahwa penerbangan pesawat Lion Air JT-797 sebelumnya telah dipersiapkan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Diketahuinya, sebelum keberangkatan, pesawat telah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dengan hasil layak dan aman dioperasikan (airworthy for flight).

Gempa di Papua 4 Orang Meninggal Dunia

Setelah persiapan layanan dan penanganan darat selesai, pesawat bersiap dan mulai berjalan perlahan di area parkir pesawat (apron).

Dijelaskannya, saat dalam proses tersebut, terjadi sebuah hambatan di area sayap kanan pesawat. Untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot pesawat memutuskan untuk kembali ke titik parkir guna dilakukan pemeriksaan.

Halaman Selanjutnya
img_title