Ikatan Keluarga Papua Lampung Siap Dukung dan Jaga Kamtibmas pada Pilkada Serentak 2024

Ikatan Keluarga Papua Lampung Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Ikatan Keluarga Papua Lampung (IKPL) yang dipimpin oleh Pdt. Tonny Bettay mengungkapkan kesiapan mereka untuk mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang dijadwalkan pada 27 November 2024.

Pdt. Tonny Bettay menegaskan komitmen IKPL untuk memastikan Pilkada berjalan lancar, aman, dan damai sambil turut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Provinsi Lampung.

"Sebagai bagian dari masyarakat Lampung, kami bertekad untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif selama Pilkada serentak 2024. Kami juga mengajak warga Papua yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Alkitab Kota Bandar Lampung untuk terus menjaga situasi yang aman dan tidak melakukan pelanggaran hukum," kata Pdt. Tonny Bettay.

Menjelang ajaran baru, IKPL akan menyambut mahasiswa baru dari Provinsi Papua yang akan bersekolah di Sekolah Alkitab Kota Bandar Lampung.

Pdt. Bettay berharap kehadiran mereka akan semakin mempererat silaturahmi dan kekeluargaan di Provinsi Lampung.

"Ikatan Keluarga Papua Lampung siap mendukung Polda Lampung dalam menjaga Kamtibmas. Kami juga menghargai dukungan Polda Lampung terhadap siswa Papua yang menyelesaikan pendidikan dan berencana pulang ke Papua," lanjut Pdt. Bettay.

Pdt. Bettay menekankan pentingnya kolaborasi antara semua pihak dalam menghadapi tantangan yang ada.

"Penyelenggaraan Pilkada di Lampung menghadapi berbagai dinamika sosial, politik, dan budaya. Oleh karena itu, kita semua perlu menjaga keamanan dan ketertiban agar proses demokrasi ini dapat berjalan dengan aman, damai, dan lancar," bebernya.

Dia juga memberikan apresiasi terhadap upaya kepolisian dalam mengamankan jalannya Pilkada 2024.

"Pengamanan ini sangat penting untuk menjaga situasi Lampung menjelang, saat, dan pasca Pilkada. Kami berkomitmen untuk mendukung terwujudnya Pilkada yang aman, damai, dan bermartabat serta mencerminkan kedewasaan masyarakat Lampung dalam berdemokrasi," ucapnya.

Pdt. Bettay menambahkan bahwa IKPL juga mendukung langkah-langkah kepolisian dalam mencegah hoaks dan isu SARA yang bisa memecah belah persatuan.

"Kami tidak ingin ada celah yang dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu jalannya pesta demokrasi," tuturnya.

Selain itu, Pdt. Bettay mengimbau masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga situasi kondusif selama Pilkada.

"Masyarakat adalah garda terdepan dalam mengawal proses demokrasi. Oleh karena itu, kami mengajak semua elemen masyarakat untuk tetap waspada, cerdas, dan bijak dalam menghadapi informasi yang dapat memicu perpecahan," imbaunya.

Dia menutup dengan keyakinan bahwa, dengan semangat persatuan dan koordinasi yang kuat, Pilkada 2024 di Lampung akan berlangsung dengan lancar, aman, dan damai.

"Kami optimis, berdasarkan pengalaman sebelumnya, bahwa masyarakat Lampung mampu menjaga situasi tetap kondusif dalam berbagai momen penting, termasuk Pilkada," harapnya.

Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan Pilkada serentak 2024 di Provinsi Lampung dapat menjadi contoh keberhasilan demokrasi yang harmonis dan berintegritas.(*)

Kapolres Lampung Timur Kunjungi Ketua NU dalam Safari Kamtibmas dan Cooling System Pilkada 2024