Hadapi Puncak Arus Mudik 2024, Bandara Raden Inten Lampung Tambah 10 Penerbangan

Pesawat yang mengangkut pemudik di Bandara Raden Inten Lampung
Sumber :
  • Lampung.viva

Lampung Selatan, Lampung – Untuk mengantisipasi peningkatan penumpang, Bandara Udara Raden Inten Lampung menambah 10 jadwal penerbangan tujuan Lampung ke Jakarta dibandingkan hari biasa.

Pihak pengelola Bandara Raden Inten memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada hari Jumat dan Sabtu. Tercatat penumpang pada hari Jumat hampir 5 ribu orang dengan rincian 3 ribu penumpang yang tiba di Bandara Raden Inten dan 2 ribu penumpang yang berangkat.

"Jumlah pergerakan harian ini adalah yang tertinggi setelah pandemi Covid-19. Adapun total pergerakan penumpang secara keseluruhan mencapai 4.289 penumpang," kata Untung Basuki, Executive General Manager (EGM) Bandara Radin Inten.

Menurut Untung, tanda-tanda puncak arus mudik lebaran sendiri sudah terlihat di Bandara Radin Inten sejak Jumat pagi. Dimana para penumpang terlihat mulai memadati Bandara Radin Inten II.

"Sudah terlihat tanda-tandanya sejak pagi tadi, pergerakan calon penumpang animonya cukup tinggi untuk mudik," terangnya.

Sementara itu sejak H-7 lebaran atau 3 April hingga 5 April 2024, pihaknya mencatat pergerakan pesawat tembus 74 pergerakan atau tumbuh 32 persen dibanding angkutan Lebaran tahun lalu.

"Dengan pergerakan penumpang dari hari pertama posko dibuka mencapai 9.968 penumpang atau tumbuh 29 persen dibandingkan tahun 2023 pada periode yang sama," ucap Untung.

Peningkatan penumpang selama arus mudik ini terjadi karena berbarengan dengan libur bersama. Selain itu juga dipengaruhi adanya tambahan jalur penerbangan ke Yogyakarta dan Bali.

Untuk puncak arus balik lebaran 2024 di Bandara Raden Inten Lampung diperkirakan terjadi pada tanggal 15 April 2024 mendatang. (*)

Kasus DBD di Lampung Meningkat, Tercatat 1.779 Kasus Ditemukan dengan 10 Orang Meninggal Dunia

Pesawat yang mengangkut pemudik di Bandara Raden Inten Lampung

Photo :
  • Lampung.viva