Mahasiswa KKN UNILA Sukses Tingkatkan UMKM Desa Gunung Mekar Go Digital

Mahasiswa KKN UNILA di Desa Gunung Mekar.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Timur, LampungMahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung telah melaksanakan program kerja unggulan di Desa Gunung Mekar, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur. Program kerja berfokus pada pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berlangsung pada 8 - 30 Juli 2024.

Strategi Gagal, Pelaku Curanmor Menyamar Jadi Mahasiswa Tertangkap di Lampung

Tim KKN terdiri dari tujuh mahasiswa, yaitu Rizki Ramadhan (Teknik Mesin), Rafal Esa Dinata (Teknik Mesin), Edward Febryan Sinurat (Arsitektur), Arinda Kusuma Dewi (Biologi), Sinta Nurhalifah (Ilmu Komputer), Maryam Aisyah Anastasia (Fisika), dan Imas Happy Dwi Nirwana (Teknik Kimia).

Dalam pelaksanaan program kerja, tim KKN mendatangi masing-masing pelaku usaha di tiap-tiap dusun di Desa Gunung Mekar. Produk yang dihasilkan berupa tempe, tahu, gula merah, cemilan makanan ringan, keripik, kerupuk, anyaman bambu, tiwul, dll. 

Mendag Zulhas Beri Kuliah Umum di ITERA, Dorong Mahasiswa Menguasai E-Commerce dan Kewirausahaan

Dari semua produk yang dihasilkan, ditetapkan empat produk yang dapat dikembangkan, yaitu seperti rumah cemilan keripik AA Bu Fatma dusun VIII, kerupuk rambak Pak Abdul Aziz dusun VI, cemilan makanan ringan (pangsit, untir- untir, tusuk gigi, dll) Pak Arifin dusun VI, serta keripik singkong Pak Salamun dusun VI. 

Dari keempat usaha dilakukanlah pembaharuan logo kemasan, pengenalan sistem pembayaran qris, serta jualan online melalui aplikasi Shopee, Tokopedia, dan Tiktok Shop.

Unila Uji Coba Bahan Bakar Berbasis Kelapa Sawit, Langkah Maju Menuju Energi Bersih

Dengan adanya program smart UMKM ini, diharapkan para pelaku usaha di Desa Gunung Mekar dapat lebih berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas. 

Dukungan dan pendampingan yang diberikan tim KKN Universitas Lampung diharapkan dapat memberikan dampak positif, bagi perekonomian desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. 

Halaman Selanjutnya
img_title