Rektor Itera Lampung Pastikan Pelaksanaan Ujian UTBK SNBT Berjalan Lancar

Pelaksanaan Ujian UTBK SNBT di Kampus Itera Lampung.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Selatan, LampungRektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, memastikan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pada hari pertama, Selasa (30/4/2024) berjalan lancar.

I Nyoman Pugeg Aryantha melakukan pemantauan di area Kampus Itera, agar pelaksanaan UTBK SNBT berjalan tanpa kendala.

"Dari peninjauan yang saya lakukan, tidak ada kendala berarti,  hanya ada sekitar 10 mahasiswa bermasalah administrasi kelengkapan seperti kurang surat keterangan lulus dari sekolah, itu semua bisa diselesaikan dengan baik," kata Rektor Itera.

I Nyoman meminta agar setiap peserta yang mengalami kendala teknis, seperti kelengkapan administrasi yang kurang lengkap, tetap diberikan akses mengikuti ujian terlebih dahulu, untuk selanjutnya melengkapi berkas kepada panitia.

"Saya instruksikan agar semua permasalahan administrasi bisa ditunda, yang terpenting peserta semua diberikan kesempatan untuk tes dahulu, mengikuti tes secara fair dengan waktu yang sama, jangan ada yang merasa tegang karena kelengkapan kurang. Setelah tes baru diminta untuk melengkapi," ujar Rektor.

Rektor juga menekankan, panitia UTBK Itera sudah melakukan pengawasan dan pengecekan secara ketat, mulai dari skrining awal, hingga sebelum memasuki ruang ujian. Namun jika ditemukan permasalahan kecurangan seperti adanya peserta dengan identitas palsu, maka peserta yang sudah mengikuti tes, akan dianulir hasil tesnya dan dianggap gugur.

"Allhamdulilah dengan dukungan semua pihak, dari kelengkapan medis, administrasi, laboratorium komputer, semua sudah bisa berjalan baik, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi, semoga proses tes ini berjalan maksimal, dan peserta bisa mendapatkan target pilihan sesuai yang dicita-citakan," beber Rektor.

Sementara itu, Ketua PMB Itera Lampung, Dr. Abdul Rajak, M.Si., menyampaikan pada sesi pertama UTBK di Itera ada sebanyak 766 peserta yang tercatat menjadi peserta ujian. Peserta menjalani ujian di tiga Gedung Laboratorium yang disediakan yaitu Laboratorium Teknik 1, 3, dan 5 (Labtek 0ZT). Selanjutnya Sesi 2 dengan jumlah peserta yang sama yaitu 766 orang, akan mengikuti ujian di siang hari, dan sesi 3 sebanyak 661 peserta akan menjalani UTBK pada Kamis, 2 Mei 2024.

Abdul Rajak menambahkan, pelaksanaan  UTBK di Itera dilakukan dengan pengawasan ketat. Sebanyak 132 petugas pengawas akan memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar. Pengecekan identitas dan barang bawaan peserta dilakukan secara berlapis, sebelum memasuki gedung laboratorium, dan sebelum peserta memasuki ruangan ujian dengan menggunakan alat pendeteksi logam atau metal detektor.

Sementara sebagai infrastruktur pendukung, pelaksanaan UTBK Itera yang dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 1, 3, dan 5 (Labtek OZT), sebanyak 766 komputer telah disiapkan, termasuk 69 komputer cadangan.

Dalam tinjauan pelaksanaan UTBK hari pertama, Rektor Itera didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M.Si., Kepala Biro Akademik, Perencanaan, dan Umum drh. Sri Sulistiawati, M.M., Dekan Fakultas Teknologi Industri Hadi Teguh Yudistira, S.T., Ph.D., Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Itera Dr. Abdul Rajak, M.Si., Kepala TIK Itera Andre Febrianto, S.Kom., M.Eng. (*)

13 Bulan Buron MF Dibekuk Polsek Teluk Betung Utara Bandar Lampung, Ini Modusnya


Sumber : Humas Itera.

Rektor Itera memantau pelaksanaan ujian UTBK SNBT.

Photo :
  • Istimewa
Mahasiswa Unila Gelar Aksi 1000 Lilin, Suarakan Keresahan di Kampus