Upaya Jaga Keseimbangan Ekosistem dan Peningkatan Kesejahteraan di Lampung

Program penanaman bantuan bibit Multi Purpose Tree Species
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

Lampung – Dalam upaya menjaga keseimbangan ekosistem dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.  

Alpukat Siger Sibatu Hasil Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Lereng Gunung Tanggamus Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kehutanan Provinsi Lampung telah berhasil melaksanakan program penanaman bantuan bibit Multi Purpose Tree Species (MPTS) jenis Alpukat dan Durian unggul bersertifikat bagi Kelompok Tani Hutan (KTH) se-Provinsi Lampung.

Pada bulan November tahun 2023, sebanyak 3.960 batang bibit Alpukat dan Durian telah disalurkan kepada 3 Kelompok Tani Hutan (KTH) di wilayah UPTD KPH Gunung Balak, termasuk Desa Sumber Marga dan Desa Labuhan Ratu.

Polisi Ungkap Bisnis Ilegal Pipa Rokok Gading Gajah di Lampung

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yanyan Ruchyansyah, mengatakan bahwa jenis bibit MPTS yang unggul dan bersertifikat ini menjadi minat tersendiri bagi masyarakat.

"Masyarakat mau menanam dan merawat hingga panen. Karena setidaknya masyarakat memiliki jaminan atas kualitas bibit dan investasi waktu yang dikeluarkan sampai pohon tersebut berbuah dan dapat dipanen," kata Yanyan, Rabu (7/4/2024).

Jaga Ekosistem Laut, Desa Pahawang Melakukan Kegiatan Rehabilitasi Terumbu Karang

Yanyan mengungkapkan, hasil monitoring yang dilakukan oleh penyuluh kehutanan KPH Gunung Balak pada bulan Maret 2024 menunjukkan bahwa persentase tumbuh tanaman mencapai diatas 90%.

"Angka tersebut menunjukkan kesuksesan dari program penanaman ini," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title