Pesta Sekura Cakak Buah Budaya Warisan Nenek Moyang Khas Lampung Barat

Pelaksanaan Pesta Sekura Cakak Buah di Lampung Barat
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa (Kolase Riduan)

Lampung – Budaya warisan nenek moyang khas Lampung Barat yaitu budaya pesta sekura cakak buah menjadi agenda event Nasional.

Hari Kedua Lebaran, Sekolah Kopi Lampung Barat Mulai Dipadati Pengunjung

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M Lampung Barat ini sudah memiliki dua event Nasional yang diakui oleh Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kebudayaan yakni sekura cakak buah dan Festival Sekala Bekhak. 

Dirinya mengungkapkan hal tersebut tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Lampung Barat mengingat tidak setiap daerah memiliki budaya tergolong event nasional.

Pesona Wisata Panas Bumi Suoh Lampung Barat

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mendukung penuh kegiatan sekura cakak buah ini yang memang merupakan budaya warisan dari zaman ke zaman," tuturnya, dikutip melalui website resmi Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Senin (16/4/2024). 

Ia meminta, kepada lapisan masyarakat Lampung Barat agar tetap melestarikan warisan budaya nenek moyang sekura cakak buah dan menjaga tata krama keindahan budaya yang hanya ada di bumi beguai jejama sai betik ini.

Geger Penemuan Mayat Diduga Diterkam Harimau di Lampung Barat

"Kita tunjukkan tatakerama keindahan budaya kebanggan kita ini dengan cara menjaga pakaian dengan sopan, jangan meminta-minta di jalur jalan dengan alesan mengamen,” terangnya.

"Identiknya sekura inikan ngelimuk (mengumpulkan sampah) jadi kalo sekura membawa pohon-pohon itulah sekura jangan dimarah-marah, tapi sekuranya juga jangan buang sampah sembarangan. Bawa golok, pedang boleh tapi jangan dicabut-cabut," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title