Ada 24 Kasus Gigitan Hewan, Dinkes Pesawaran Pastikan Tidak Ditemukan Kasus Positif Rabies

Ilustrasi penyakit Rabies pada hewan
Sumber :
  • iStockphoto

Pesawaran, LampungDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran mengaku tidak menemukan kasus positif rabies di daerah tersebut sejak Januari hingga Mei 2023.

Kejari Pesawaran Kerahkan Seluruh Bidang untuk Aktif Kawal Pemilu 2024

Sekretaris Dinkes Pesawaran, Andika, menyatakan bahwa tidak ada kasus positif rabies yang ditemukan di Pesawaran. Namun, pada tahun ini terdapat kasus gigitan hewan terhadap manusia.

"Kalau untuk kasus positif tidak ada ya, namun di tahun 2023 ini terdapat 24 kasus gigitan. Pada Januari 6 kasus, Februari 5 kasus, Maret 10 kasus, dan bulan April 3 kasus. Kalau untuk bulan Mei data belum masuk ke kami. Sedangkan untuk tahun 2022 kasus gigitan dengan periode sama terdapat 25 kasus," ujarnya pada Senin (5/6/23).

Pemkot Bandar Lampung Siapkan 500 Dosis Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan

Andika menjelaskan bahwa pusat rabies di Pesawaran terletak di Puskesmas Gedongtataan. Di sini, tersedia stok vaksin rabies.

Tekan Kasus DBD, Puskesmas Rawapitu Tulang Bawang Rutin Gelar PSN

"Kami ini hanya menerima permintaan dari puskesmas. Kalau mereka meminta stok vaksin, nanti akan kita kirim. Tapi kalau stok yang selalu ada di Puskesmas Gedongtataan," katanya.

Dia menyatakan bahwa rabies merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan dapat ditularkan melalui gigitan monyet, anjing, dan beberapa hewan lainnya. Oleh karena itu, tindakan cepat sangat diperlukan ketika ada warga yang terkena gigitan.

Halaman Selanjutnya
img_title