Presiden Jokowi Ingin Pastikan Kebenaran Banyak Jalan Rusak di Lampung

Presiden RI Joko Widodo
Sumber :
  • Instagram @jokowi

VIVA Lampung, NasionalPresiden Joko Widodo (Jokowi) berencana melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada Jumat, 5 Mei 2023, untuk memastikan kebenaran video viral mengenai jalan rusak di daerah tersebut.

Pesta Sekura Cakak Buah Budaya Warisan Nenek Moyang Khas Lampung Barat

"Saya ingin memastikan, mau lihat betul apa enggak yang ada di video. Apakah yang ada di media itu benar atau enggak benar," kata Jokowi di Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (04/05/2023) dikutip dari Antara. 

Menurut Jokowi, Pemerintah saat ini sedang berupaya mengumpulkan data mengenai jalan-jalan kabupaten/kota serta jalan provinsi yang rusak parah.

Polres Tulang Bawang Periksa Oknum Kepsek yang Videonya Viral sedang Konsumsi Sabu

Presiden Jokowi mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena anggaran pembangunan infrastruktur tidak dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. 

Ia menambahkan bahwa jalanan rusak akan mengganggu mobilitas orang dan barang, serta meningkatkan biaya logistik. Hal ini secara praktis dapat membuat komoditas produksi provinsi tersebut tidak bisa bersaing dengan barang dari daerah lain.

Waspada 'Lubang' Pemudik Berhati-hati Melintasi Jalan Raya Pekon Rejosari

"Dan itu hal yang penting sekali. Begitu jalannya rusak, apalagi jalan provinsi, akan mengganggu yang namanya komoditas itu, mobilitas orang, mobilitas barang, biaya logistik akan naik," ujarnya.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa manfaat infrastruktur sangatlah penting, dan keberadaannya harus dipahami oleh semua pihak. Ia menegaskan bahwa kunjungan kerja ke Lampung dilakukan untuk memastikan kebenaran video mengenai jalanan rusak tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title