Musim Kemarau, 'Troli Semen' Jadi Andalan Warga Way Laga Bandar Lampung Angkut Air Bersih

Warga angkut bantuan air bersih pakai gerobak sorong
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

LampungWarga Kelurahan Way Laga RT 05, Kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung, menghadapi krisis air bersih menjelang musim kemarau yang semakin mendekat. 

Lindungi Warga, Polres Lampung Barat Gelar Patroli Malam Amankan Wilayah

Situasi ini membuat warga berlomba-lomba untuk mengumpulkan air bersih saat bantuan datang, bahkan ada yang membawa gerobak sorong (troli pengangkut) semen untuk memudahkan mereka membawa air ke rumah. 

Polwan membantu warga

Photo :
  • Foto Dokumentasi Riduan
Meriahnya Grebeg Maulid di Bandar Lampung: Saat Ayam dan Elektronik Jadi Hadiah Favorit

Pasalnya, ada beberapa warga jarak dari lapangan tempat pembagian air bersih lumayan jauh mencapai 500 meter.

"Kalau musim kemarau seperti ini, air sangat sulit didapat. Untuk kebutuhan sehari-hari, kami terpaksa membeli air galon isi ulang, kadang itu pun hanya cukup untuk mandi anak-anak yang akan berangkat sekolah. Kami harus irit, menyiapkan 5 galon untuk keperluan yang bisa bertahan 2-3 hari," ungkap Wiwit (50) salah satu warga, menceritakan kesulitannya mendapatkan air bersih, Sabtu (31/8/2024). 

Rayakan HUT Lantas ke-69, Ditlantas Polda Lampung Bantu Warga Atasi Krisis Air Bersih

Ia juga menjelaskan bahwa meski terdapat sumur di wilayah tersebut, namun sumur itu tak mampu menyediakan air saat musim kemarau tiba. 

"Bantuan dari BPBD Bandar Lampung dan beberapa pabrik memang ada, tapi ya kebutuhan air kami kadang cukup, kadang tidak," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title