Buruh Bangunan di Lampung Selatan Nyaris Tewas Akibat Tersengat Aliran Listrik Tegangan Tinggi

Korban tersengat aliran listrik tegangan tinggi mengalami luka bakar.
Sumber :
  • Lampung.viva

Lampung Selatan, Lampung – Seorang buruh bangunan di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan nyaris tewas akibat tersengat aliran listrik tegangan tinggi. Korban tersengat aliran listrik di tempatnya bekerja hingga mengalami luka bakar cukup serius di tubuhnya.

Korban diketahui bernama Yanuar (47), warga Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan tersebut tersengat aliran listrik tegangan tinggi di tempatnya bekerja yang berada tidak jauh dari tempat tinggalnya pada selasa (4/6/2024) sekitar pukul 08.00 wib.

Detik-detik evakuasi korban usai tersengat listrik terekam video amatir dari ponsel warga. Dalam rekaman video amatir terdengar suara tangisan dari anak dan istri korban yang datang ke lokasi kejadian.

Dengan sigap warga berusaha membawa korban secepatnya ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan mobil pikap milik warga sekitar lokasi kejadian.

Korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit (RS) Airan Raya untuk mendapatkan perawatan medis karena korban mengalami luka bakar cukup serius hampir di seluruh tubuhnya.

Peristiwa yang nyaris merenggut nyawa korban tersebut berawal saat korban sedang bekerja di lantai dua sebuah toko sembako. Saat sedang bekerja di lantai dua, kepala korban tanpa sengaja menyenggol kabel listrik tegangan tinggi yang ada di atasnya.

"Dia itu sedang memperbaiki toko sembako. Setelah memaku balok kayu bagian lantai dua, dia berdiri. Karena tidak sadar ada kabel, kepalanya menyenggol kabel," kata Adit, warga setempat.

Karena kabel listrik yang tersenggol kepala korban merupakan listrik tegangan tinggi berasal dari gardu listrik yang berada di depan lokasi kejadian, seketika korban langsung tersungkur ke belakang.

"Korban mengalami luka bakar. Warga membawa korban ke rumah sakit karena hampir sekujur tubuh korban terkena luka bakar," jelas Adit.

Beruntung kejadian tersebut diketahui oleh pemilik ruko yang mendengar suara ledakan saat korban tersengat aliran listrik.

Karena keterbatasan biaya, Rabu pagi (5/6/2024) korban telah dibawa pulang dari rumah sakit oleh pihak keluarga. Meski telah mendapat perawatan medis di rumah sakit, kondisi korban masih terlihat lemah.

Sebagian luka bakar di tubuh korban masih diperban dengan kain kasa. Korban mengalami luka bakar cukup serius di bagian kepala.

Ningsih (45 tahun) istri korban mengatakan saat kejadian korban sedang bekerja menambal lantai yang bocor di sebuah toko tidak jauh dari tempat tinggalnya.

"Korban dibawa pulang dari rumah sakit karena menurut dokter kondisinya sudah membaik dan menunggu proses pemulihan," ucap Ningsih.

Berdasarkan informasi, saat ini warga setempat sedang berusaha secara swadaya untuk membawa korban ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek Bandar Lampung agar korban kembali mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Korban diketahui merupakan warga kurang mampu yang tinggal menumpang di sebuah rumah toko (ruko) yang sedang tidak terpakai. Selain menjadi buruh bangunan, korban juga terkadang menjadi pemulung untuk mengumpulkan barang bekas.(*)

Polda Lampung Selidiki Dugaan Kelalaian Kecelakaan Kerja di PT San Xiong Steel Indonesia

Korban tersengat aliran listrik tegangan tinggi mengalami luka bakar.

Photo :
  • Lampung.viva