Dramatis! Proses Evakuasi 3 Pengunjung Way Lalaan Tanggamus Lampung saat Terjebak Luapan Air

Petugas mengevakuasi pengunjung Air Terjun Way Lalaan yang terjebak
Sumber :
  • Istimewa

Tanggamus, Lampung – Tiga orang pengunjung wisata Air Terjun Way Lalaan, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung terjebak saat hujan deras yang membuat volume air meningkat.

Adapun ketiga pengunjung yang berhasil di evakuasi yakni Akhmad Kurnia (24), warga Sukarame, Kota Bandar Lampung, kemudian Sayyidatul Fitriah Jamis (23 ) warga Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu dan Aldi Ramadhan (24) warga Pahoman, Kota Bandar Lampung.

3 orang pengunjung tersebut terjebak di Air Terjun Way Lalaan ketika sedang mandi, pada Minggu (21/04) pukul 15.15 WIB. Namun hujan turun dengan lebat di kawasan Air Terjun Way Lalaan.

Tingginya intensitas hujan menyebabkan volume air sungai di Wisata Alam Air Terjun Way Lalaan meningkat. Sehingga, ketiga orang yang berada di sebrang sungai terjebak dan tidak bisa menyebrang.

Warga sekitar yang melihat kejadian tersebut dan melaporkan kepada Basarnas Lampung untuk bantuan evakuasi. Proses evakuasi terhadap ketiga korban ini memakan waktu kurang lebih selama satu jam.

Kepala Kantor Basarnas Lampung, Deden Ridwansah mengerahkan personil Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi dan melaksanakan evakuasi. Tiba di lokasi kejadian tim langsung berkoordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari BPBD Tanggamus, pihak pengelola wisata Air Terjun Way Lalaan, dan masyarakat setempat.

"Tim langsung melaksanakan proses evakuasi dengan menggunakan tali safety yang menghubungkan sisi aliran sungai. Dengan derasnya aliran sungai air terjun, tim dan korban yang dievakuasi dilengkapi dengan APD lengkap," kata Deden Ridwansah, Senin (22/4/2024)

Tim SAR sedikit kesulitan mencari lokasi yang bisa dilalui dengan aman untuk melakukan evakuasi terhadap empat korban.

"Proses evakuasi memakan waktu sekitar setengah jam dan seluruh korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat," jelas Deden. (*)

Penumpang Lompat dari KMP Reina, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Petugas mengevakuasi pengunjung Air Terjun Way Lalaan yang terjebak

Photo :
  • Istimewa