Malam Puncak Arus Mudik Lebaran 2024, Pelabuhan Bakauheni Dipadati Ribuan Kendaraan

Antrian kendaraan pemudik memadati Pelabuhan Bakauheni
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Selatan, Lampung – Malam puncak arus mudik Lebaran 2024, pemudik di Pelabuhan Bakauheni yang hendak melakukan perjalanan ke Merak, Banten nampak padati pelabuhan, situasi ramai dan lancar.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Minggu dini hari pukul 01.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB, kendaraan pribadi roda empat, bus, dan truk logistik yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak terlihat memadati area Pelabuhan Bakauheni.

Suasana kantong parkir di dermaga eksekutif dan reguler juga tampak penuh kendaraan. Ratusan pemudik dengan kendaraan roda empat memadati Pelabuhan Bakauheni untuk menunggu antrean naik ke dalam kapal.

Meskipun terjadi kepadatan kendaraan roda empat di kantong parkir dermaga eksekutif dan reguler, namun tidak menimbulkan kemacetan yang panjang dan antrean tetap aman berjalan lancar.

Fahrudin (40) salah satu pemudik asal Muara Enim, Sumatera Selatan mengatakan dirinya bersama keluarga memilih untuk melakukan perjalanan mudik pada malam hari untuk menghindari kemacetan di area pelabuhan dan tidak panas saat perjalanan.

"Sebelum perjalanan tadi kami juga sudah melakukan beberapa persiapan dari rumah jika terjadi kemacetan yang panjang seperti bawa bekal makanan, kotak P3K dll. Alhamdulillah ini tadi meski ramai tetapi aman dan lancar tidak ada kendala," kata Fahrudin, Minggu (7/4/2024).

Namun tak disangka ketika sampai di Pelabuhan sudah banyak kendaraan lain yang melakukan antrean mau masuk ke dalam kapal.

"Ini kami bersama keluarga mau pulang ke Indramayu, Jawa barat. Kebetulan Lebaran tahun kemarin kami tidak melakukan mudik jadi Lebaran tahun ini mendapat libur ya bisa pulang menjenguk keluarga besar di sana," ucap Fahrudin.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Rudi Sunarko mengatakan, berdasarkan data jumlah penumpang kapal yang menggunakan kendaraan dari Pelabuhan Bakauheni mencapai 3.967 unit.

"Phaknya telah memastikan kesiapan armada kapal untuk melayani penumpang pada periode angkutan Lebaran 2024. PT ASDP juga menyiapkan berbagai fasilitas pelabuhan dan kapal guna memastikan kenyamanan para penumpang pada saat melakukan mudik Lebaran 2024," kata Rudi Sunarko.

Rudi Sunarko mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket dari jauh hari.

"Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri sejak 11 Desember 2023," pungkasnya. (*)

Naik 63 Persen, Kereta Api di Lampung Layani 72.597 Penumpang Lebaran 2024

Antrian kendaraan pemudik memadati Pelabuhan Bakauheni

Photo :
  • Istimewa