Kolaborasi Klub Selam Anemon Unila Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Klub Selam Anemon Unila Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut
Sumber :
  • VIVA Lampung/Juanda, Iman Prihartono

Bandar Lampung , Lampung –  Kerjasama yang erat antaraKlub Selam Anemon Fakultas MIPA Universitas Lampung (Unila), Mahasiswa Raden Intan Pencinta Alam (Maharipal) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL), Unit Selam Institut Teknologi Sumatera (Itera), dan warga Dusun Kalangan Desa Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran Lampung tergabung dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Jelang Perpisahan, Mahasiswa KKN Unila Adakan Lomba di Kampung Penawar Jaya Tulang Bawang

Acara ini berlangsung kemarin, tepatnya pada 16 dan 17 Agustus 2023. Pada tanggal 16 Agustus, berbagai lomba digelar, seperti estafet air, tarik tambang, sarung futsal, daster futsal, lomba adzan, dan lomba renang tanggal. Sementara itu, pada tanggal 17 Agustus diadakan upacara pengibaran bendera merah putih di lapangan, diikuti oleh masyarakat setempat dan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari berbagai kampus di bawah naungan Kementerian Agama, seperti kampus di Metro, Nanggroe Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan daerah lainnya. Upacara ini diakhiri dengan pengibaran bendera merah putih di bawah laut dan diakhiri dengan lomba puncak, yaitu lomba panjat pinang yang melibatkan warga setempat.

Kolaborasi Klub Selam Anemon Unila Kibarkan Bendera Bawah Laut

Photo :
  • VIVA Lampung/Juanda, Iman Prihartono
Aksi Konservasi Laut dan Donor Darah Meriahkan Dies Natalis ke-28 Klub Selam Anemon FMIPA Unila

Pembukaan acara pengibaran bendera merah putih di bawah laut pembicara oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unila, Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, M.Si., serta Pembina Klub Selam Anemon, Endang Linirin W., Ph.D. Proses pengibaran bendera di bawah laut melibatkan 15 peserta dari Klub Selam Anemon Unila , UIN RIL Maharipal, Unit Selam Itera, dan masyarakat Pulau Pahawang.

Dalam sambutannya pada tanggal 17 Agustus 2023, Roniyus menyampaikan, "Klub Selam Anemon ini merupakan bagian dari Fakultas MIPA. Saya telah terlibat dalam kegiatan serupa, yaitu pengibaran bendera merah putih di bawah laut sejak tahun lalu. Saya merasa bangga dengan kegiatan ini, karena selain itu itu Merayakan HUT RI, juga melibatkan aspek konservasi sehingga masyarakat luar dapat mengambil contoh yang baik."

Wawako Bandar Lampung Buka Dies Natalis ke-28 Klub Selam Anemon Unila dan Semnas Konservasi Laut

Ketua Klub Selam Anemon, Akmal Bayu Angga, berharap bahwa rangkaian kegiatan pengibaran ini tidak hanya memeriahkan perayaan HUT RI, tetapi juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar dan mendorong kemandirian. Selain kegiatan pemulihan 16 rak dengan 150 karang dari pihak mereka, Akmal berharap adanya kegiatan penangkapan yang melibatkan masyarakat setempat di masa depan.

Ahmad Salim, Kepala Desa Pulau Pahawang, mengungkapkan, "Klub Selam Anemon Unila telah menggelar acara yang luar biasa dan berhasil mendidik warga setempat tentang pentingnya menjaga ekosistem bawah laut, terutama terumbu karang."

Halaman Selanjutnya
img_title