Mahasiswa UIN Raden Intan Inovasi di KKN, Pasang GPS Gajah dan Bangun Apotik Hidup

Mahasiswa KKN UIN Raden Intan bersama dosen pembimbing lapangan.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Barat, LampungMahasiswa KKN UIN Raden Intan Lampung di Pekon Banding Agung berhasil memasang GPS pada gajah liar dan membangun apotik hidup. Inovasi ini mendapat apresiasi dari dosen pembimbing.

Strategi Gagal, Pelaku Curanmor Menyamar Jadi Mahasiswa Tertangkap di Lampung

Para mahasiswa tersebut melakukan inovasi dalam pengabdian kepada masyarakat. Antara lain berhasil memasang GPS gajah serta membangun apotik hidup.

Mahasiswa KKN memang ikut terlibat dalam menghalau gajah liar dan pemasangan GPS. Pemasangan GPS Collar guna memantau posisi kawanan gajah liar yang berjumlah 18 ekor. 

Mendag Zulhas Beri Kuliah Umum di ITERA, Dorong Mahasiswa Menguasai E-Commerce dan Kewirausahaan

Pemasangan GPS Collar dilakukan oleh Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, TNI Polri mahasiswa KKN dan masyarakat. 

GPS collar merupakan alat pelacak posisi berupa sebuah kalung yang dipasang pada salah satu gajah yang ada pada kelompok gajah liar itu. Sedangkan pemasangannya dilakukan oleh ahli. 

Kisah Inspiratif! Dari Tukang Kebun Jadi Dosen di IIB Darmajaya Lampung

Dengan pemasangan GPS Collar yang dilakukan pada kawanan gajah liar tersebut akan memudahkan para satgas dalam memantau keberadaan satwa liar.

"Kami dilibatkan dalam program menghalau gajah dan pemasangan GPS. Alhamdulillah hasilnya sangat baik," kata Koordinator KKN Pekon Banding Agung, Ferdian dan Erik, Sabtu, (10/8/2024).

Halaman Selanjutnya
img_title