Pengamat Politik: Pilkada Pesawaran Memanas, Nanda Indira Siap Hadapi Tantangan dari Aries Sandi

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Lampung, Candrawansah
Sumber :
  • Istimewa

Pesawaran, Lampung – Ketegangan politik di Kabupaten Pesawaran semakin meningkat menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan datang. 

Lampung Butuh 13.277 Pengawas TPS untuk Pilkada 2024

Isu terbaru mencuat dengan kabar bahwa Arisandi, yang disebut-sebut sebagai penantang potensial, akan melawan Nanda Indira dalam kontestasi tersebut. Nanda Indira adalah istri dari Bupati Pesawaran saat ini, Dendi Ramadona. 

Nanda Indira telah mengumpulkan dukungan yang signifikan dari sejumlah partai politik. Partai-partai yang sudah mengumumkan dukungannya untuk Nanda meliputi Gerindra dengan 7 kursi, PDIP dan NasDem masing-masing dengan 6 kursi, PKB dengan 5 kursi, PAN dengan 4 kursi, serta PKS dengan 2 kursi. 

Kontestasi Pilkada di Lampung: Momen Penting untuk Kemajuan Masyarakat

Dengan total 30 kursi, Nanda sudah memperoleh dukungan lebih dari setengah dari jumlah kursi DPRD Kabupaten Pesawaran, yang saat ini berjumlah 50 kursi.

Namun, persaingan belum sepenuhnya berakhir. Partai Golkar (4 kursi), Partai Demokrat (3 kursi), dan PPP (3 kursi) belum memutuskan dukungan mereka. 

Pentingnya Netralitas ASN dan Kepala Desa dalam Pilkada Lampung 2024

Jika ketiga partai ini memutuskan untuk berkoalisi, mereka akan memiliki potensi untuk mendukung calon alternatif seperti Arisandi, yang bisa memberikan persaingan yang ketat untuk Nanda Indira.

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Lampung, Candrawansah mengatakan jika melihat partai yang belum mumutuskan mendukung calon lain, maka masih mempunyai peluang apabila ketiga partai tersebut berkoalisi karena masih lebih dari 20 persen dukungan. 

Halaman Selanjutnya
img_title