Peran Krusial Media Massa dalam Pilkada Lampung 2024

KPU Lampung saat bincang bersama media
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menegaskan peran vital media massa dalam memastikan informasi mengenai tahapan Pilkada Serentak 2024 dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

PAN Mesuji All Out Menangkan RMD-Jihan dan Suprapto-Fuad

"Kolaborasi dengan media massa sebagai salah satu pilar utama demokrasi sangatlah penting, karena media memiliki kekuatan dalam menyebarkan informasi dari KPU ke publik secara efektif," ujar Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami, Kamis (15/8/2024). 

Erwan menjelaskan, bahwa media massa memegang peranan strategis dalam menyebarkan informasi kepada khalayak luas, sehingga proses Pilkada Serentak di Provinsi Lampung dapat berjalan dengan aman, damai, dan tertib.

Deklarasi Dukung Mirza-Jihan dan Eva-Dedi, Sedulur Mirza Hadirkan Jono Joni dengan Bertabur Hadiah

"Media massa harus mampu menyajikan informasi yang komprehensif dan menyeluruh kepada masyarakat, tanpa memotong atau mengurangi esensinya. Informasi yang setengah-setengah dapat memicu pembentukan opini yang keliru di masyarakat dan di kalangan netizen," tegasnya.

Selain itu, Erwan menyampaikan apresiasi kepada media massa yang telah berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu 2024 di Lampung, yang berlangsung lancar dan aman tanpa adanya gangguan yang signifikan.

IJTI Gelar Konsolidasi Nasional Bahas Tantangan Jurnalisme di Era AI

"Kami sangat berterima kasih kepada media massa atas kontribusinya dalam kesuksesan Pemilu 2024 lalu. Berkat kerja sama yang baik, kami dapat melanjutkan tahapan Pilkada 2024 dengan lebih tenang. Di provinsi lain, ada yang harus menghadapi Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan sengketa di Mahkamah Konstitusi," kata Erwan.

Erwan juga berharap agar media massa dapat terus mensosialisasikan tahapan Pilkada Serentak 2024 dengan baik, mengingat jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lampung cukup besar.

Halaman Selanjutnya
img_title