ChatGPT Bagi Dunia Riset

Ilustrasi OpenAI - ChatGPT
Sumber :
  • Google photo/Jakub Porzycki/Nurphoto/picture alliance

VIVA Lampung, OpiniChatGPT merupakan sebuah model yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT adalah singkatan dari Generative Pre-trained Transformer. Model ini menggunakan arsitektur transformer, yang merupakan suatu jenis model jaringan saraf, dan dilatih dengan menggunakan dataset yang sangat besar sehingga memiliki kemampuan untuk memahami dan menghasilkan teks yang sangat beragam.

Hasil Riset Golkarpedia.com, Ketua DPD Partai Goklar Lampung Arinal Djunaidi Terpopuler Pemberitaan

ChatGPT dirancang khusus untuk percakapan yang bersifat interaktif, seperti chatbot pada umumnya. Dengan kemampuannya dalam memahami teks pertanyaan, ChatGPT dapat memberikan respon cepat dan relevan. Model ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk memberikan informasi, menjawab pertanyaan, memberikan bantuan, atau sekadar berbincang santai.

Informasi yang diberikan oleh ChatGPT berasal dari data yang digunakan dalam pelatihan model. Data pelatihan untuk ChatGPT dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk buku, artikel, situs web, forum, dan teks publik lainnya yang tersedia di internet. OpenAI, sebagai pengembang ChatGPT, menggunakan sumber data yang luas dan beragam untuk melatih model tersebut.

Arkeolog Peru Temukan Mumi Berusia 3.000 Tahun

Adapun keuntungan yang diberikan oleh ChatGPT bagi dunia riset adalah sebagai berikut:

Bapak AI Geoffrey Hinton Sebut Kecerdasan Buatan Bisa Jadi Ancaman Bagi Umat Manusia

1. Pencarian Informasi 

ChatGPT dapat digunakan sebagai alat untuk mencari dan memahami informasi yang relevan dalam bidang penelitian. Para peneliti dapat meminta ChatGPT untuk memberikan informasi tentang topik tertentu, saran literatur, atau referensi penelitian.

Halaman Selanjutnya
img_title