Agustus 2024, Inflasi Lampung Terkerek oleh Kelompok Pendidikan

Kepala BPS saat memberikan keterangan
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

LampungBadan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung mencatat adanya inflasi sebesar 0,07 persen secara bulanan (month-to-month) pada Agustus 2024. 

Sektor Konsumsi dan Investasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lampung

"Kelompok pengeluaran yang memiliki andil inflasi tertinggi adalah Kelompok Pendidikan dengan andil sebesar 0,08 persen," kata Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan Lubis, dalam keterangan resminya dalam rilis resmi yang dilakukan secara daring di Bandar Lampung, Senin (2/9/2024). 

Atas pun menyampaikan bahwa komoditas utama penyumbang inflasi secara month-to-month antara lain adalah Beras: 0,15 persen, Kopi Bubuk: 0,07 persen, Sekolah Menengah Atas: 0,06 persen, Sigaret Kretek Mesin (SKM): 0,04 persen, Sigaret Kretek Tangan (SKT): 0,02 persen. 

Juli 2024 Lampung Deflasi 0,16 Persen, Bawang Merah Jadi Penyumbang Terbesar

Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan Lubis, menjelaskan lebih lanjut, jika diperhatikan tingkat inflasi secara year-on-year pada bulan Agustus 2024 sebesar 2,33 persen. 

"Kelompok pengeluaran yang memberikan andil tertinggi dalam pembentukan inflasi adalah kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau, dengan inflasi sebesar 4,67 persen dan andil sebesar 1,50 persen,” jelasnya. 

Lampung Begawi 2024, BI: Dorong Produk Lokal dan Pemberdayaan UMKM

Lima komoditas utama yang memberi kontribusi tertinggi pada kelompok ini adalah: Beras: 0,40 persen, Kopi Bubuk: 0,27 persen, Sigaret Kretek Mesin (SKM): 0,24 persen, Gula Pasir: 0,13 persen, Cabai Rawit: 0,09 persen

Berikutnya adalahTingkat inflasi year-on-year dan month to month pada 4 Kabupaten/Kota IHK yang diamati oleh BPS adalah sebagai berikut: Tingkat inflasi Tahunan (year-on-year) tertinggi tercatat di Kabupaten Lampung Timur sebesar 2,94 persen. Kemudian untuk tingkat inflasi terendahnya terjadi di Kota Metro sebesar 2,05 persen. 

Halaman Selanjutnya
img_title