Jokowi Sapa Tiga Pemimpin Keanggotaan Baru KTT Ke-42 ASEAN

Presiden Jokowi Siap Buka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN
Sumber :
  • Antara

VIVA Lampung, Nasional – Presiden Joko Widodo menyapa tiga pemimpin dunia saat pembukaan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu. Ketiga pemimpin tersebut adalah Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone, dan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak.

MK: Pemberian Bansos dari Jokowi Tidak untuk Menangkan Salah Satu Paslon

“Saya ingin menyambut Yang Mulia Dato Seri Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia. Dan Yang Mulia Sonexay Siphandone, Perdana Menteri Laos. Dan juga Yang Mulia Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Timor Leste. Selamat datang di ASEAN keluarga,” kata Jokowi.

Ketiga pemimpin yang disebutkan oleh Presiden Jokowi dalam pidatonya tersebut baru pertama kali menghadiri KTT ASEAN. Anwar Ibrahim dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10 pada 24 November 2022, hanya 10 hari setelah KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 di Phnom Penh, Kamboja.

Ungkap Kasus Mafia Tanah, Kapolda Lampung Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

Sonexay Siphandone diangkat sebagai Perdana Menteri Laos pada 30 Desember 2022, dan juga akan menjabat sebagai Ketua ASEAN pada tahun 2024. Sementara itu, Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak menghadiri KTT ASEAN untuk pertama kalinya setelah diterima sebagai Anggota ke-11 ASEAN pada akhir tahun lalu.

Perumusan roadmap Timor Leste menuju keanggotaan penuh di ASEAN menjadi salah satu topik utama yang dibahas dalam KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo. KTT dihadiri oleh semua pemimpin organisasi kerja sama regional, serta Timor Leste, kecuali Thailand dan Myanmar.

Pemerintah Melalui SKB 3 Menteri Tetapkan 27 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024

Perdana Menteri Thailand Prayur Chan-o-cha tidak hadir karena negaranya sedang mempersiapkan pemilihan umum yang dijadwalkan berlangsung pada 14 Mei 2023, dan diwakili oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai. Sementara itu, Myanmar yang dipimpin junta dikeluarkan dari pertemuan tingkat tinggi ASEAN karena dianggap gagal mengimplementasikan Five-Point Consensus (5PC), sebuah rencana perdamaian yang digagas para pemimpin ASEAN pada April 2021 untuk membantu mengakhiri konflik di Myanmar. .

Indonesia sebagai ketua KTT ASEAN telah menetapkan tema “ASEAN Matters: Epicenter of Growth” yang artinya ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia. Indonesia bertujuan untuk memperkuat kapasitas dan efektivitas lembaga-lembaga ASEAN untuk menghadapi tantangan 20 tahun ke depan.

Halaman Selanjutnya
img_title