Pelabuhan Panjang Layani Arus Balik Kendaraan Roda Dua Pada H+6 Lebaran 2023

Ilustrasi Penurunan Penumpang di Pelabuhan Panjang
Sumber :
  • Antara/Ruth Intan Sozometa

Bandarlampung, LampungPelabuhan Panjang akan melayani arus balik bagi masyarakat yang akan pulang ke daerahnya pada enam hingga delapan hari setelah Hari Raya Idul Fitri 2023. 

Ini Strategi Polda Lampung yang Sukses Atasi Arus Balik Lebaran 2024

Kepala KSOP Kelas I Panjang, Andi Fiardi, mengatakan bahwa persiapan untuk arus balik sudah disiapkan khusus untuk kendaraan roda dua dan truk di pelabuhan tersebut.

"Persiapan untuk arus balik dari Pelabuhan Panjang nanti akan disiapkan khusus untuk kendaraan roda dua dan truk," ujar Kepala KSOP Kelas I Panjang Andi Fiardi, di Bandarlampung, Senin, dikutip dari Antara News.

Tercatat 6.820 Pemudik Menyeberang Melalui Pelabuhan Panjang

Pelayanan arus balik di Pelabuhan Panjang akan dimulai pada tanggal 29 April hingga 1 Mei 2023, atau H+6 sampai H+8 setelah Hari Raya Idul Fitri. 

Pada periode tersebut, satu kapal milik Pelni, yaitu KM Dobonsolo, akan digunakan untuk mengangkut penumpang. Jika terjadi perubahan, publik akan diberitahu kembali. 

80 Persen Pemudik Telah Kembali ke Pulau Jawa Melalui Pelabuhan Bakauheni

Meskipun hanya satu kapal yang digunakan, pelayanan penyeberangan akan dilakukan dua kali dalam sehari.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, semua pemesanan tiket dilakukan secara online. Diharapkan dengan sistem tersebut, dapat terukur berapa jumlah penumpang yang akan masuk kapal melalui Pelabuhan Panjang. Jika jumlah penumpang meningkat, akan dipertimbangkan kebijakan khusus seperti menambah trayek penyeberangan atau jumlah kapal.

Halaman Selanjutnya
img_title