Antusias Warga Meningkat, KAI Ajukan Penambahan Rangkaian KA Rajabasa

KA Rajabasa
Sumber :
  • Foto dokumentasi istimewa

Lampung – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang kembali mengajukan permohonan perpanjangan penambahan rangkaian kereta untuk Kereta Api (KA) Rajabasa relasi Tanjungkarang – Kertapati kepada Kementerian Perhubungan. 

Polres Pesawaran Gelar Upacara Hari Bhayangkara ke-79, Teguhkan Komitmen Polri untuk Masyarakat

 

Permohonan ini mengusulkan penambahan dari lima kereta ekonomi (K3) menjadi delapan kereta, sehingga kapasitas tempat duduk meningkat dari 530 menjadi 848 per perjalanan.

Grup 'GAY' Lampung Viral di Facebook, Kapolres Imbau Warga Segera Tinggalkan

 

Manager Humas KAI Divre IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari menyatakan bahwa pengajuan ini didasari oleh tingginya animo masyarakat menggunakan KA Rajabasa, terutama terlihat saat masa Angkutan Lebaran periode 21 Maret hingga 11 April 2025 lalu.

Dukung Modernisasi, KAI Divre IV Aktifkan Jalur Pidada–Pelabuhan Panjang untuk Pengiriman Lokomotif Baru

 

“KA Rajabasa pada periode tersebut mengangkut sebanyak 38.006 penumpang atau rata-rata sekitar 1.300 penumpang per hari. Ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap moda transportasi kereta api,” ujar Zaki, Kamis (17/4/2025).

 

Tiket KA Long Weekend Libur Nasional Wafat Isa Almasih Ludes

 

Tingginya minat masyarakat juga tercermin dari habisnya tiket KA Jarak Jauh untuk periode libur panjang Wafat Isa Almasih yang berlangsung pada 17–21 April 2025.

 

Dalam periode tersebut, Divre IV Tanjungkarang menyiapkan total 11.380 tempat duduk, yang terdiri dari 5.300 kursi KA Rajabasa relasi Tanjungkarang – Kertapati dan 6.080 kursi KA Kualastabas relasi Tanjungkarang – Baturaja.

 

Menurut Zaki, tiket KA Rajabasa dapat dipesan mulai H-45 keberangkatan, sedangkan KA Kualastabas mulai H-7 sebelum hari keberangkatan.

 

“Divre IV Tanjungkarang menyiapkan enam perjalanan KA selama periode long weekend ini, sebagai bentuk pelayanan maksimal kepada masyarakat serta mengantisipasi lonjakan pelanggan,” ujarnya.

 

Zaki juga mengimbau masyarakat agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun, mengingat kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi saat libur panjang.

 

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, terutama di masa libur panjang yang menjadi momen penting untuk bepergian bersama keluarga,” tutup Zaki. (*)