Warga Srengsem Bandar Lampung Dapat Layanan Kesehatan Gratis di Atas Kereta Api
- Foto Dokumentasi Riduan
Lampung – Memperingati HUT ke-79 PT Kereta Api Indonesia (KAI), Divisi Regional IV Tanjungkarang menghadirkan layanan kesehatan inovatif melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) berupa Rail Clinic di Stasiun Srengsem pada Rabu, 18 September 2024.
Layanan kereta kesehatan ini menjadi solusi bagi masyarakat setempat untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis.
Deputy Divre IV Tanjungkarang, Budi Heryanto, mengungkapkan bahwa kegiatan ini melibatkan warga Kelurahan Srengsem, termasuk para murid sekolah dasar yang berada di sekitar stasiun.
"Kami ingin memberikan pelayanan kesehatan yang mudah diakses kepada masyarakat melalui Rail Clinic ini," ujarnya.
Rail Clinic generasi ketiga ini menyediakan layanan kesehatan primer yang mencakup pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, serta tes laboratorium sederhana.
Selain itu, tim medis dari Divre IV Tanjungkarang yang berjumlah 22 orang, terdiri dari 2 dokter umum, 1 dokter gigi, dan sejumlah paramedis, juga melakukan penyuluhan kesehatan kepada warga.
Selain layanan medis, KAI Divre IV Tanjungkarang memberikan edukasi kesehatan gigi dan membagikan 25 kacamata baca kepada siswa sekolah dasar di Srengsem.
Tak hanya itu, demi mendukung kegiatan positif di lingkungan, KAI juga menyumbangkan peralatan olahraga berupa bola sepak, bola voli, dan jaring kepada warga setempat.
"Kami berharap dengan bantuan sarana olahraga ini, warga dapat terlibat dalam kegiatan yang lebih produktif dan menghindari aktivitas berbahaya di sekitar jalur kereta api," kata Budi.
Budi juga menekankan pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api, terutama bagi warga yang tinggal di sekitar stasiun dan jalur rel.
"Dengan hadirnya Rail Clinic ini, kami berharap tidak hanya meningkatkan kesehatan masyarakat, tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga aset milik PT KAI dan keselamatan bersama," tambahnya.
Melalui inisiatif Rail Clinic, KAI Divre IV Tanjungkarang berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar stasiun sekaligus mempererat hubungan antara KAI dan masyarakat sekitar. (*)