Polres Lampung Timur Gelar Operasi Patuh Krakatau 2024, Sasar Pengguna Ponsel Saat Berkendara

Polres Lampung Timur akan menggelar Operasi Patuh Krakatau 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Timur, LampungPolres Lampung Timur akan menggelar Operasi Patuh Krakatau 2024 selama dua minggu, mulai dari 15 Juli hingga 28 Juli 2024. Operasi ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Lampung Timur AKBP M. Rizal Muchtar melalui Kasat Lantas Polres Lamtim AKP Glend Felix Siagian menjelaskan bahwa Operasi Patuh Krakatau rutin dilaksanakan setiap tahun untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Operasi ini dilaksanakan untuk mencegah adanya pelanggaran lalu lintas sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan," ujar Glend, Sabtu (13/7/2024).

Lebih lanjut, Glend, alumni Akpol tahun 2016 ini,  menjelaskan bahwa terdapat beberapa target sasaran dalam operasi ini.

"Beberapa target sasaran dalam operasi ini diantaranya penggunaan ponsel saat berkendara, pengendara dibawah umur, berboncengan lebih dari dua orang, tidak menggunakan helm SNI maupun sabuk pengaman, berkendara melebihi batas kecepatan, melawan arus, berkendara dalam pengaruh alcohol, knalpot yang tidak sesuai spesifikasi, penggunaan strobe dan rotator pada kendaraan pribadi serta penggunaan tanda nomor kendaraan yang tidak sesuai," ujar Glend.

Selain penindakan, Polres Lampung Timur juga akan menggelar sosialisasi langsung kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya berlalu lintas sesuai dengan peraturan.

Kasat Lantas Polres Lampung Timur berharap dengan Operasi Patuh Krakatau 2024 ini, masyarakat, khususnya di Lampung Timur, dapat lebih patuh dan disiplin dalam berlalu lintas.

Hal ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan keselamatan di jalan raya.(*)

Ketegangan Warga Unjuk Rasa Ratusan Warga di Bawaslu Lampung Timur, 251 Polisi Disiagakan