Polres Tulang Bawang Gelar Puncak HUT Bhayangkara ke-78 dengan Upacara dan Pertunjukan Menarik

Puncak Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di Polres Tulang Bawang
Sumber :
  • Istimewa

Tulang Bawang, LampungPolres Tulang Bawang, Polda Lampung, menggelar upacara dan berbagai pertunjukan menarik dalam rangka memperingati Puncak Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024, yang berlangsung di lapangan Mapolres setempat, Senin (01/07/2024).

Acara ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu, dengan Perwira Upacara Kasat Lantas, AKP Khoirul Bahri, dan Komandan Upacara KBO Satresnarkoba, Ipda Dickson Efry Banne.

Pasukan Upacara terdiri dari personel Polres Tulang Bawang, Kodim 0426 Tulang Bawang, Lanud Pangeran M Bun Yamin, Kompi Brimob Menggala, Sat Pol PP, BPBD, Basarnas, Senkom, dan Pramuka Saka Bhayangkara.

"Upacara Hari Bhayangkara ke-78 ini mengundang Pj. Bupati Tulang Bawang, Forkopimda, Para Tokoh dan masyarakat. Pelaksanaan upacara berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat," kata AKBP James, Selasa (02/07/2024).

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan bahwa tema yang diusung pada Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 ini adalah Polri Presisi Mendukung Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas. Momen Hari Bhayangkara ini bukan hanya untuk dirayakan, tetapi juga menjadi momentum untuk refleksi diri guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Selain upacara, kami juga mempersembahkan beberapa pertunjukan menarik yang disaksikan langsung oleh para tamu undangan dan membuat decak kagum," papar perwira lulusan Akpol 2004 ini.

Kapolres menerangkan, ada empat pertujukan yang ditampilkan pada acara puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang diperankan oleh siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Gunung Sakti Menggala, dan personel Polres Tulang Bawang.

"Pertunjukan pertama yakni Polisi Cilik (Pocil) yang diperankan oleh siswa SD Negeri 01 Gunung Sakti Menggala, lalu lanjutkan dengan pertunjukan 12 gerakan pengaturan lalu lintas yang diperankan oleh personel Sat Lantas, kemudian pertunjukan tongkat/borgol Polri dan beladiri Polri yang diperankan oleh personel gabungan Sat Samapta, Sat Reskrim, Staff, dan Polsek Banjar Agung," terang perwira dengan melati dua dipundaknya.

Pada pertunjukan beladiri Polri, dua personel Polri berhadapan dengan 6 orang lawan. Dengan tangan kosong dan kemampuan beladiri yang mumpuni, mereka berhasil melumpuhkan 3 orang lawan, salah satunya bersenjata tajam jenis celurit.(*)

Kapolda Lampung Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-78: Komitmen Meningkatkan Pelayanan