FKPT Lampung Gelar Festival Budaya 'Youth of Indonesia' untuk Cegah Terorisme

FKPT Lampung Gelar Festival Budaya 'Youth of Indonesia'
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Lampung berencana menggelar Festival BudayaYouth of Indonesia” (YoI) pada tanggal 26 Juni 2024 di Taman Budaya Bandar Lampung.

Menurut Ken Setiawan, Kepala Bidang Pemuda dan Pendidikan FKPT Provinsi Lampung, acara ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada pemuda dan masyarakat Lampung untuk mengekspresikan kreativitas budaya mereka, sekaligus menjadi sarana pencegahan terorisme dengan memperkuat solidaritas masyarakat.

"Sudah dilakukan seleksi dan 10 peserta, terdiri dari 5 grup/kelompok dan 5 tunggal/solo, telah dinyatakan lulus seleksi dan akan tampil untuk memperebutkan 3 juara terbaik," ujar Ken.

Juara tingkat Provinsi Lampung nantinya akan diikutkan dalam kompetisi tingkat nasional, di mana penampilan mereka akan dinilai oleh juri tingkat nasional. Panitia akan memilih tiga nominasi juara terbaik nasional yang akan diumumkan pada Desember 2024 mendatang.

Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan tiket masuk. "Jadi bagi yang ingin melihat kehebatan perform putra-putri Lampung, bisa datang langsung pada Rabu, 26 Juni, di Indoor Taman Budaya Lampung," jelas Ken.

Selain Festival Budaya "Youth of Indonesia", FKPT Lampung juga rutin mengadakan roadshow ke sekolah, kampus, dan pesantren untuk memperkenalkan FKPT serta mengkampanyekan bahaya intoleransi radikalisme dan terorisme.

Ken Setiawan menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat solidaritas masyarakat, khususnya anak muda, dalam menghadapi tantangan zaman, termasuk dalam menghadapi isu-isu kebangsaan.

"Pemuda adalah agen perubahan. Pemuda harus menjadi teladan yang dapat menginspirasi untuk bersatu, berkolaborasi, dan berkontribusi positif untuk menyampaikan informasi positif serta membangun masyarakat yang lebih sadar dan tanggap terhadap persoalan intoleransi radikalisme dan terorisme," tutup Ken.

Festival Budaya Sekala Bekhak ke-9 di Lampung Barat Resmi Dibuka