Angka Kemiskinan di Bandarlampung Menurun, Peningkatan UMKM Jadi Faktor Utama 

Angka Kemiskinan Kota Bandarlampung Menurun
Sumber :
  • Hendri Yansah

BandarlampungLampung – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandarlampung mencatat angka kemiskinan di Kota Bandarlampung, Porvinsi Lampung tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 8,21 persen atau jauh dibawah angka kemiskinan Provinsi Lampung yang mencapai 11,57 persen.

Pulau Pasaran Bandar Lampung Resmi Jadi Kampung Nelayan Modern Kedua di Indonesia

Kepala BPS Kota Bandarlampung, Akhmad Nasrudin mengatakan berdasarkan survei sosial ekonomi (Susenas) yang di lakukan maret 2022 angka kemiskinan di Bandarlampung menurun 0,9 persen di bandingkan tahun sebelumnya.

“Di tahun 2021 angka kemiskinan di kota bandarlampung mencapai 9,11 persen, salah satu faktor angka kemiskinan naik di tahun itu adalah Pandemi Covid-19,” ungkap Akhmad Nasrudin Selasa (27/12/2022).

Wali Kota Bandar Lampung Bagikan Paket Perlengkapan Sekolah Kepada Siswa Biling

Menurut Nasrudin, penurunan angka kemiskinan yang cukup fantastis di tahun 2022 disebabkan berkomitmenya pemerintah Kota Bandarlampung dalam memajukan UMKM.

“Upaya Pemkot Bandarlampung luar biasa. Mulai dari UMKM disemua kecamatan, Event Nasional sehingga ekonomi tumbuh dan menyerap tenaga kerja sehingga kemiskinan berkurang,” Jelas Nasrudin.

Caleg DPRD Lampung, H. Edwar Juanda Rusydi Ajak Masyarakat Cerdas Memilih di Pemilu 2024

Dalam Susenas banyak faktor yang menjadi indikator kemiskinan, mulai dari aspek pendidikan, gizi, perumahan, sosial ekonomi lainnya. 

“Susenas sangat detail, konsumsi garam pun ditanya. Satu responden bisa dua hingga tiga jam.” Tutup Akhmad Nasrudin.

Halaman Selanjutnya
img_title