Gelar Workshop Cegah Radikalisme, Dispora Provinsi Lampung Hadirkan Ken Setiawan

Ken Setiawan, saat mengisi workshop cegah radikalisme.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung menggelar workshop cegah radikalisme dalam rangka meningkatkan pengetahuan pemuda akan bahaya radikalisme di Hotel Spark Lite Bandar Lampung, Senin (29/4/2024).

Narasumber dalam kegiatan workshop yaitu Kapolda Lampung, Danrem Garuda Hitam, Akademisi Universitas Tulang Bawang dan Pendiri  Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center

Secara khusus Dispora Lampung menghadirkan Mantan aktivis NII yang telah insyaf, sekarang mendirikan NII Crisis Center yaitu Ken Setiawan yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pemuda dan Pendidikan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Lampung.

Ken Setiawan menceritakan pengalaman dirinya saat awal terpapar paham radikal yang, ajaran atau doktrin radikal dan kenapa bisa keluar.

"Paham radikalisme itu seperti virus yang bisa menimpa siapa saja, tidak pandang sisi usia, pendidikan  dan profesi, semua orang itu berpotensi terpapar seperti virus Covid-19," jelas Ken Setiawan.

Saat ini penyebaran paham radikalisme semakin masif dengan adanya media sosial, semua elemen masyarakat berpotensi direkrut, tapi paling banyak menjadi sasaran perekrutan adalah anak muda.

Diharapkan masyarakat waspada karena saat ini kelompok radikalisme mencoba membaur di masyarakat agar tidak dicurigai.

"Mereka tidak mempunyai ciri ciri khusus sehingga tidak mudah di identifikasi, bisa jadi mereka sudah ada di sekitar kita makanya harus waspada," tutup Ken. (*)

BPS Lampung Gelar Workshop Evaluasi Data Hasil Pengolahan Sensus Pertanian 2023