Janda di Lampung Ditipu Dukun Palsu Rp81 Juta Rupiah, Modus Disuruh Mandi Kembang Lalu Direkam

Penasehat hukum dan korban penipuan dukun palsu.
Sumber :
  • Lampung.viva

Bandar Lampung, Lampung – Seorang janda di Bandar Lampung berinisial HW, menjadi korban penipuan dan pemerasan oleh dukun palsu dengan kerugian mencapai Rp81 juta. Sang dukun, modusnya dengan cara mengancam akan menyebar video tak senonoh milik korban.

Warga Gulak-galik, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung tersebut menjadi korban dukun palsu dengan dalih bisa menyembuhkan guna–guna. Sang dukun berhasil merekam seluruh tubuh sang ibu muda dalam kondisi tanpa busana.

Setelah itu, dukun dengan nama Endang, asal Cilegon, Serang, Provinsi Banten berhasil memeras hingga korban rugi mencapai Rp81 juta.

Perkenalan korban dan dukun ini melalui perantara kerabat dukun dengan memasukan nomor telpon korban ke dalam grup whatsapps.

Melalui sebuah pendekatan, korban berstatus janda yang baru ditinggal mati suaminya diminta untuk mengirim foto keluarga.

Sang dukun inisial ED mulai melancarkan aksi. Dengan mengatakan dari penerawangan, korban terkena guna-guna dan harus melakukan ritual mandi kembang. Ilmu hitam itu juga menjadi penyebab kematian suami korban.

HR sang korban lantas percaya dan mendatangi kediaman rumah terlapor di daerah Cilegon. Di rumah terlapor, korban melakukan ritual mandi kembang, pada Febuari 2024.

Korban telah melaporkan kejadian ini ke Polda Lampung pada Kamis 25 April 2024. "Saya di suruh ke Banten. Di sana disuruh mandi kembang. Dia bilang sekarang badan saya steril gak ada lagi guna – guna," kata HR.

Sang dukun menyuruh korban kembali kerumahnya di Bandar Lampung. Keesokan harinya, terlapor menelpon melalui video call, dan meminta korban maaf untuk menanggalkan semua pakaian korban, dalih alasan ingin melihat bagian tubuh korban yang terkena gangguan.

Korban percaya dan menuruti kemauan dukun. Tanpa disadari, terlapor merekam dalam keadaan tanpa busana.

Bermodalkan rekaman asusila, dukun yang selalu berdandan seperti tokoh agama tersebut melancarkan aksi pemerasan. Pelaku diminta mengirimkan sejumlah uang, jika tidak maka video akan disebarkan.

Secara bertahap, korban mentransfer uang hingga mencapai total 81 juta rupiah. ”Saya ini sampai pinjam uang sana – sini. Ke keluarga ke tetangga. Capek saya ini,” ujar HR sambil terisak.

Penasehat hukum korban Irwan Apriyanto mengatakan, kasus ini sudah dilaporkan ke Sentra Pelayanan Polisi Terpadu Polda Lampung,  dengan nomor laporan STTLP / B /167 / IV / 2024 / SPKT / POLDA LAMPUNG.

"Jadi klien kami ini sudah dua kali dirugikan. Pertama pelaku merekam korban tanpa busana. Kemudian diperas sejumlah uang. Kami menuntut polisi segera menangkap pelaku," tutur Irwan Apriyanto.

Pelaku disangkakan pasal 27 ayat 1 juncto pasal 45 ayat uu nomor 19 tahun 2016, tentang ITE, dengan ancaman 4 tahun lebih penjara.

Korban juga membawa bukti-bukti transfer uang ke rekening terlapor dan tangkap layar percakapan pelaku memaksa dan mengancam agar korban memberikan sejumlah uang. (*)

Janjikan Pekerjaan, Seorang Dosen Di Kota Metro Tipu Rekannya Sesama Dosen

Penasehat hukum dan korban penipuan dukun palsu.

Photo :
  • Lampung.viva