Detik-detik Kereta Api Rajabasa Tabrakan Dengan Bus Putra Sulung di Oku Timur

Kereta api Rajabasa tabrakan dengan bus Putra Sulung di OKU Timur.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, LampungKereta api (KA) Rajabasa relasi Tanjungkarang, Bandar Lampung dengan tujuan Kertapati, Palembang tabrakan dengan bus Putra Sulung di Jalan Pertanian, Desa Kota Baru, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (21/4/2024), pukul 13.00 WIB.

Terungkap detik-detik peristiwa tabrakan kereta api asal Lampung dengan bus penumpang tersebut di wilayah Way Tuba Martapura, Oku Timur, Sumatera Selatan yang menewaskan empat penumpang bus dan lainnya luka.

Bus Putra Sulung dengan nomor polisi BE 7037 FU mengangkut penumpang dari Belitang, Sumatera Selatan dengan tujuan Jakarta.

Detik-detik sebelum kejadian, berawal dari Bus Putra Sulung berhenti yang diduga terjebak di pertengahan perlintasan kereta api. Bus itu diduga mati mesin tepat di tengah perlintasan rel kereta.

Tak lama berselang, bus tertabrak dari bagian samping. Kecelakaan tidak dapat dihindari, yang membuat Bus Putra Sulung alami ringsek.

Ada penumpang bus yang sempat melarikan diri, namun ada juga yang beradu nasib di dalam bus. Pada insiden tersebut, bus akhirnya terseret sekitar 50 meter.

Insiden tersebut mengakibatkan perjalanan beberapa KA Rajabasa dan KA Kuala Stabas terganggu dan mengalami keterlambatan, begitupun dengan kereta api lainnya seperti KA Barang juga sempat tertahan.

Manager Humas KAI Divre IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari mengatakan karena insiden tersebut perjalanan beberapa KA terutama KA Barang sempat terganggu. Namun, proses evakuasi telah selesai dilakukan pada pukul 15.24 WIB sehingga perjalanan KA kini kembali normal.

“Saat kejadian, masinis kami telah membunyikan semboyan 35 secara berulang namun tidak diindahkan oleh pengemudi Bus sehingga temperan tidak bisa dihindari. Masinis kami sudah mencoba menghentikan kereta api, namun dikarenakan jarak yang sudah dekat serta laju tonase kereta api, bus terseret sekitar 50 meter," kata Azhar Zaki.

Atas kejadian ini, Zaki sangat menyayangkan masih adanya pengguna jalan yang tidak berhenti dan tengok kanan dan kiri saat melintas di perlintasan KA. Ia mengingatkan kepada pengguna kendaraan maupun pejalan kaki yang hendak melewati perlintasan sebidang kereta api (KA) agar selalu berhati-hati dengan selalu berhenti dan tengok kanan dan kiri. (*)

Naik 63 Persen, Kereta Api di Lampung Layani 72.597 Penumpang Lebaran 2024

Kereta api Rajabasa tabrakan dengan bus Putra Sulung di OKU Timur.

Photo :
  • Istimewa