Bangun Jiwa Wirausaha dan Kreativitas, TK PGRI Desa Pasuruan Gelar Market Day

Taman Kanak-Kanak PGRI, Desa Pasuruan menggelar 'Market Day'.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Selatan, Lampung – Lembaga Pendidikan Taman Kanak-Kanak PGRI, Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan menggelar 'market day' dengan memamerkan dan menjual hasil karya anak-anak untuk membangun jiwa wirausaha serta mengasah inovasi dan kreativitas anak sejak dini.

Kegiatan dengan Program Market Day “Pengusaha Cilik Sholeh dan sholehah” ini dibuka Kepala Sekolah TK PGRI Pasuruan, Dona Anggraeni di halaman sekolah setempat, pada Sabtu (27/4/2024).

Dalam sambutannya, Dona mengatakan bahwa latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini merupakan puncak tema yaitu profesi dan market day terlaksana karena melihat latar belakang sekolah yang berada di pedesaan yang mayoritas penduduknya adalah petani.

"Tema kuliner market day pada hari ini merupakan olahan dari Jagung. Tujuan dilaksanakannya market day ini adalah untuk membangun jiwa entrepreneur sejak dini dan mengasah bakat dan kemampuan dalam bidang kewirausahaan serta menumbuhkan kepemimpinan murid di mana anak terlibat langsung dalam proses pembelajarannya sendiri," ujar Dona.

Dona melanjutkan, kegiatan market day ini sangat banyak nilai positifnya untuk anak. Karena tadi disesi kegiatan ada proses tanya jawab dengan murid tentang tema profesi pedagang atau pengusaha.

Kemudian menonton video transaksi jual beli dengan anak. Selanjutnya bermain peran transaksi jual beli dengan anak, dan anak juga bisa belajar mengenal mata uang secara langsung.

“Dalam kesempatan ini juga, saya mengucapkan terima kasih kepada orang tua murid yang selalu setia dan kompak dalam membantu terlaksananya kegiatan apapun yang diadakan di sekolah," beber Dona.

Dona pun mengaku jika kerjasama dan kontribusi orang tua sangat penting dalam penyelenggaraan market day sehingga kegiatan ini bisa berjalan sukses dan lancar.

"Kita berdoa semoga anak anak kita nantinya menjadi anak yang sukses dan bisa membanggakan kedua orang tua dimasa depan," ucap Dona.

Selanjutnya Kepala Desa Pasuruan, Sumali didampingi ibu Bunda Paud desa terlihat juga turut hadir memeriahkan acara market day TK PGRI Pasuruan. Sumali sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat menjadi contoh untuk Paud-Paud yang lain.

"Saya melihat kegiatan ini banyak nilai positif yang terkandung di dalamnya," tutur Kepala Desa Pasuruan, Sumali.

Sumali berharap dengan adanya kegiatan market day ini bisa menjadi pintu pembuka untuk anak-anak sejak dini serta menjadikan dan membentuk karakter anak menjadi sukses di masa depan. "Karena bagaimanapun, anak adalah harapan terbesar bagi orang tua," tutupnya. (Dji)

Kapolda Lampung Bersiap Tindaklanjuti Atensi Komisi III DPR RI

Taman Kanak-Kanak PGRI, Desa Pasuruan menggelar

Photo :
  • Istimewa